Minggu, 16 Februari 2014

BAB NIKAH (persidangan dan persaksian)


PERSIDANGAN

أنه يحرم على الحاكم أن يحكم بين الخصمين حتى سمع كلا منهما فيسمع دعوى المدعى أولا ثم يسمع جواب المجيب وينظر فى حجة كل منهما استفصال ما لديه .. إلى قوله .. فإن حكم قبل سماع الإجابة عمدا بطل قضاؤه

    1.        Sesungguhnya diharamkan pada hakim untuk memutuskan perkara antara dua orang yang berperkara kecuali kalau hakim mendengar semua pihak itu, maka dia mendengar gugatan penggugat dulu, kemudian hakim mendengarkan jawaban tergugat dan hakim meneliti tiap-tiap hujjah itu dan memperincikan di depan hakim …… jika hakim memutuskan perkara sebelum mendengarkan jawaban dengan sengaja maka batallah putusannya. (Syarh Umdatul Ahkam II : 320)

فلا يجوز القضاء عليه قبل السؤال كالحاضر فى مجلس الحاكم

    2.        Dan tidak boleh dilaksanakan putusan itu sebelum ditanya kepada pihak yang berperkara, seperti halnya orang yang hadir di majelis hakim. (Al Muhadzab II : 320)

ويشترط حضور الخصم للدعوى وإقامة البيـنة عليه عند الحاكم

    3.        Disyaratkan harus hadir orang yang berperkara bagi gugatan dan mengemukakan pembuktian/saksi di depan hakim. (Ghayah Talkhishul Murad : 306)

لابد من احضار الزوجين فى مجلس الحاكم فإن امتنـع أحدهما بغير عذر ولم يكـن احضاره بالقوة حكم عليه غيابا

    4.        Mesti kedua suami isteri hadir di dalam majelis hakim, jika salah satunya berhalangan dan tidak dapat menghadirinya, maka diputuskan perkara itu secara verstek. (Khulashotut Tiryaq : 75)

PERSAKSIAN

لاتقبل شهادة النساء فى الحدود ولا فى النكاح والطلاق

    Tidak boleh diterima persaksian wanita di dalam perkara had, nikah dan talak. (Qalyubi : 325)

شاهدان فى غير الزنا وغير معناه

     Dua saksi itu diterima selain zina. (Syarqawi II : 879)

فلا تقبل شهادة المغفل الذى لا يحفظ

    Tidak boleh diterima persaksian orang yang pelupa yang tidak menghafal hal-hal mengenai perkara itu. (Al Anwar II : 425)

لا تقبل شهادة الوالدين للأولاد

    Tidak diterima pesaksian kedua orang tua terhadap anak-anaknya. (Al Muhadzab II : 347)

فتقبل شهادة الأخ لأخـيه

    Maka boleh diterima persaksian saudara kepada saudaranya. (Al Bajuri II : 348)

لأن المدار هنا اى فى شروط الشاهد على عقيدة الحاكم لاالشاهد فقد يحذف أو يغير ما لا يؤثر عند نفسه ويؤثر عند الحاكم

    Karena titik tolak di sini yaitu dalam pembahasan syarat-syarat saksi adalah diatas keyakinan hakim bukan pribadi saksi itu sendiri yang adakalanya menyembunyikan atau merobah pengakuannya yang tidak berkesan untuk dirinya, tapi berkesan bagi hakim. (Bughyatul Musytarsyidin : 282)

تقبل الشهادة الأخ والعم

    Diterima persaksian saudara dan paman. (Al Anwar II : 171)

ولا تسمع إلا من أهل الخبرة الباطنـية

    Dan tidak boleh didengar persaksian itu kecuali persaksian orang yang tahu betul-betul peristiwa itu (ahli). (Al Anwar II : 486)

ولا يضر قليل الغلط والنسيان إذ لا يسلم منه أحد

    Kesalahan dan pelupa yang ringan tidak merusak kesaksian karena tak ada seorangpun yang bebas dari hal itu. (Asnal Mathalib IV : 352)

فلابد أن يكون الشاهد متيقظا ومن المتيقظ ضبط الفاظ المشهر عليه بحروفها من غير زيادة ولا نقص

    Saksi harus orang yang sadar, adapun tanda kesadarannya ialah tepat dalam menyebutkan kesaksiannya tanpa tambahan atau pengurangan. (I’anah IV : 324)

ولغير ذلك من حقوق الله ومايطلع عليه رجال غالبا كنكاح وطلاق وموت واعسار ووكالة ووديعة رجلان اه

    Peristiwa yang bisa disaksikan oleh lelaki pada umumnya seperti nikah, talak, kematian, kemiskinan dan wikalah serta wadi’ah, saksinya harus dua orang laki-laki. (Tuhfah : 324)

يجب على شهود النـكاح ضبط التاريخ بالساعة واللحظات

12. Saksi-saksi pernikahan harus menyebutkan tanggal, waktu dan saat terjadinya penikahan tersebut. (I’anah IV : 275(

بل حكم النبى صلعم بالشاهد واليمين وبالشاهد فقط

    Nabi pernah menetapkan hukuman dengan seorang saksi dan sumpah, bahkan dengan seorang saksi saja. (Asnal Mathalib III : 428)

ولما يظهر للرجال غالبا كنـكاح وطلاق منجزا ومعلق وفسخ نكاحإلى قوله رجلان

    Apa yang menjadi wewenang laki-laki seperti nikah, talak (baik yang langsung atau bersyarat) dan fasakh …. Saksinya dua orang. (I’anatut Thalibin IV : 275)

وله ..اى للشخص.. بلا معارض شهادة على البسب.. ولو من أم وقبيلة وعتق.. ووقف وموت ونكاح.. وملك شامع.. اى استفاضة من جمع يؤمن كذبهم.. اى تواطؤهم عليه لكثرتهم فيقع العلم أو الظن القوي بخبرهم

    Seseorang dapat menjadi saksi tentang nasab, pembebasan budak, waqaf, kematian, nikah dan harta milik yang sudah tersiar (dari orang banyak yang tidak mungkin mereka semua berdusta), walaupun ia (saksi) dari golongan sedarah atau seqahlah dengan syarat tidak ada yang melawannya.  (I’anatut Thalibin IV : 300)

BAB NIKAH (wakil, panggilan, ingkar, putusan,)


W A K I L

الوكيل أمين فيما يقبضه وفيما يصرفه

    1.        Wakil itu dipercaya dalam soal serah terima dan pengunaannya. (Al Bajuri I : 402)

وصدق منـكر نيـته فى الكــناية

    2.        Dibenarkan perempuan yang ingkar dalam soal talak kinayah dengan disertai sumpahnya. (I’anatut Thalibin IV : 17)



I N G K A R

الإنـكار بعد الإقرار غير مقبول

    1.        Mengingkari sesuatu sesudah pengakuan tidak boleh diterima. (I’anatut Thalibin IV : 50)

فأنـكر المدعى عليه .. إلى قوله .. فإن حلـف سقط الدعوى

    2.        Maka apabila tergugat ingkar …. Kalau tergugat bersumpah maka gugatannya ditolak (gugur).



P A N G G I L A N

من دعي إلى حاكم من حـكام المسلمين فلم يجب فهو ظالم لاحق له

    1.        Barangsiapa yang dipanggil oleh hakim Islam di dalam persidangan sedangkan orang terasebut tidak memenuhi panggilan itu maka dia termasuk orang dlalim dan gugurlah haknya. (Ahkamul Qur’an II : 405)



P U T U S A N

إن قضاء القاضى لايرد بمحتمل اى بقول محتمل صدقا وكذبا

    1.        Putusan hakim tidak dapat ditolak karena adanya sesuatu yang mungkin benar dan mungkin juga tidak benar. (Hasiyah I’anah IV : 208)





BAB NIKAH (pembuktian, sumpah, pengakuan)


PEMBUKTIAN

الأصل بقاء ما كان على ما كان

    1.        Menurut hukum asal tetapnya keadaan suatu itu menurut keadaan semula. (Al Asybah wa Nadzair)

وإنما هو إخبار عن كونه ملكا للمقر له

    2.        Yang dimaksud dengan pengakuan ialah memberitahukan bahwa barang tersebut adalah hak milik bagi orang yang mengaku itu. (I’anatut Thalibin III : 192)

ليس للقاضى أن يقبل الشهادة أو يحكم بمجرد خط من غير بيـنة مطلقا

    3.        Tidak boleh hakim menerima persaksian itu atau memutuskan perkara karena tidak ada bukti tertulis, kecuali atau selain bukti yang mutlak kebenarannya. (Bughyatul Musytarsyidin : 414)

إذا انتفى الشرط انتفى المشروط

    4.        Apabila syarat tidak ada maka masyrut juga tidak ada. (Ushul Fiqh)

أنه صلى الله عليه وسلم سئل عن الشهادة فقال للسائل : ترى الشمس قال نعم فقال على مثلها فاشهد أو دع

    5.        Bahwasannya Rasulullah saw pernah ditanya mengenai persaksian, beliau bersabda kepada si penanya : Adakah engkau melihat matahari?, si penanya menjawab : Ya, Rasulullah bersabda lagi : Persaksian itu sama halnya dengan melihat matahari itu (mengenai kejelasannya). Engkau boleh menyaksikan atau tinggalkan. (I’anatut Thalibin IV : 273)

إذا تعارضت البيـنات رجح من تعين منها بقوة جانبه ومنه أن تكون شهادة أحدهما بنقل الملك والأخرى باستصحابه فتقدم الناقلة لزيادة علمها

    6.        Apabila terdapat dua pembuktian yang saling berlawanan, hakim menguatkan salah satu yang ternyata mempunyai kelebihan seperti : Salah seorang menyaksikan tentang adanya perpindahan milik sedangkan yang lain membuktikan denagan jalan istishab, yang diterima adalah yang membuktikan perpindahan tersebut karena ternyata dia lebih tahu. (Bughyatul Musytarsyidin : 286)

قوله فكأن كما لابيـنة اى فكان الشئ المدعى به عند التعارض للبيـنتين كالتى لابيـنة عليه أصلا

    7.        Perkataan : Seakan-akan tidak ada bukti apa-apa maksudnya ialah apabila dua pembuktian saling bertentangan mengenai suatu hal, maka dianggap tidak ada bukti apa-apa tentang hal itu. (I’anatut Thalibin III : 261)

فإن لم يكـن معه بيـنة لم يسمع دعواه

    8.        Apabila tidak membawa bukti, maka gugatannya ditolak. (Al Muhadzab II : 320)

وإن لم يكـن له (المدعى) بيـنة فالقول قول المدعى عليه بيمـنه

    9.        Apabila penggugat tidak membawa bukti, maka yang diterima adalah sumpah tergugat. (Al Bajuri II : 356)

وتلغوا.. إلى قوله .. كشهادة خالفت الدعوى فلا تسمع لمنافاتها الدعوى

    10.    Diabaikan …. Kesaksian yang menentang isis gugatan itu, maka tidak diterima/didengar kesaksian itu karena menyalahi gugatan. (I’anatut Thalibin IV : 204)

وإذا تداعيا عينا ولأحدهما بيـنة وهي فى يدهما أو فى يد أحدهما أو فى غيرهما حكم لمن له البيـنة

    11.    Apabila dua orang saling menggugat barang yang berada di tangan keduanya atau slah satu daripadanya atau di tangan orang lain, hakim menetapkan bahwa barang itu adalah milik pihak yang membawa bukti. (Al Muhadzab III : 327)

يقــدم المثـبت عـلى الــنافى

    12.    Yang menetapkan itu diutamakan dari yang mentiadakan. (Kaidah Fiqih)

إن خط الحاكم أوثق من إقامة البيـنة الـيوم

    13.    Catatan resmi dari hakim lebih kuat daripada mengemukakan pembuktian menurut zaman sekarang.

(مسئلة) مذهب الشافعى أن مجرد الكـتابة فى سائر العقود والإخبارات والإنشآ آت ليس بحجة شرعية 

    14.    Menurut pendapat Asy Syafi’I bahwa bukti tertulis selain untuk pembuktian-pembuktian, pemberitaan dan perintah tidak dapat menjadi hujjah syar’iyah. (Bughyatul Musytarsyidin : 186)

البيـنة على المدعى واليمـين على من أنكر

    15.    Pembuktian dibebankan kepada penggugat sedang sumpah dibebankan atas orang yang ingkar. (H.R. Baihaqi)

وإن كان على المدعى بيـنة سمعها الحاكم وحكم له بها

    16.    Apabila penggugat mempunyai bukti/saksi maka hakim menerima gugatannya. (Al Bajuri II : 354)

وإن كانت البيـنة غير عادلة قاله القاضى زدنى فى شهودك

    17.    Apabila pembuktian itu/saksi itu tidak adail, maka hakim meminta tambahan di dalam penyaksian itu. (Al Muhadzab II : 29)



S U M P A H

يمـين الاستظهار ليت حجة مثبـتة لحق المدعى ولا دافعة له وإنما هي شرط لحكم الحاكم على نحو الغائب

    1.        Sumpah istidzhar itu tidak menjadi dasar yang kuat yang menetapkan hak penggugat dan tidak merupakan dasar yang melindunginya. Sumpah tersebut hanya sebagai syarat penetapan hakim terhadap orang yang gaib. (Bughyatul Musytarsyidin : 276)

ويسن تغليظ يمـين من المدعى عليه والمدعى وإن لم يطلبه الخصم فى نكاح وطلاق ورجعة

    2.        Apabila penggugat mau bersumpah, maka ditetapkanlah perkara itu untuk phaknya. (Fathul Muin : 150)

البيـنة حجة قوية لبعدها عن التهمة واليمـين حجة ضعيفة لقربها عن التهمة

    3.        Persaksian merupakan hujjah yang kuat karena jauh dari kebohongan, sedangkan sumpah merupakan hujjah yang lemah karena dekat dengan kebohongan. (I’anatut Thalibin IV : 247)

PENGAKUAN

يؤخذ باقرار مكلف مختار

    1.        Pengakuan dari seorang mukallaf yang merdeka (bebas mengeluarkan pendapat) dapat diterima. (Al Muhadzab II : 176)

فإن أقر بما ادعى عليه به لزمه ما أقر به ولا يفيده بعد ذلك رجوعه

    2.        Apabila tergugat membenarkan gugatan terhadap dirinya, maka hakim menetapkan perkara itu berdasarkan pengetahuan tersebut. (Al Bajuri II : 334)

الحكم بالإقرار واجب

    3.        Menetapkan hukum berdasarkan pengakuan itu merupakan suatu keharusan.

وحق الآدمى لايصح الرجوع فيه عن الإقرار

    4.        Hak-hak yang berhubungan dengan hak manusia tidak sah ditarik pengakuan itu. (Al Bajuri II : 4)