PEMBUKTIAN
الأصل بقاء
ما
كان
على
ما
كان
1. Menurut hukum asal tetapnya keadaan
suatu itu menurut keadaan semula. (Al Asybah wa Nadzair)
وإنما هو إخبار عن
كونه
ملكا
للمقر
له
2. Yang dimaksud dengan pengakuan ialah
memberitahukan bahwa barang tersebut adalah hak milik bagi orang yang mengaku
itu. (I’anatut Thalibin III : 192)
ليس للقاضى
أن
يقبل
الشهادة
أو
يحكم
بمجرد
خط
من
غير
بيـنة
مطلقا
3. Tidak boleh hakim menerima persaksian
itu atau memutuskan perkara karena tidak ada bukti tertulis, kecuali atau
selain bukti yang mutlak kebenarannya. (Bughyatul Musytarsyidin : 414)
إذا انتفى
الشرط
انتفى
المشروط
4. Apabila syarat tidak ada maka masyrut
juga tidak ada. (Ushul Fiqh)
أنه صلى
الله
عليه
وسلم
سئل
عن
الشهادة
فقال
للسائل
: ترى
الشمس
قال
نعم
فقال
على
مثلها
فاشهد
أو
دع
5. Bahwasannya Rasulullah saw pernah ditanya
mengenai persaksian, beliau bersabda kepada si penanya : Adakah engkau melihat
matahari?, si penanya menjawab : Ya, Rasulullah bersabda lagi : Persaksian itu
sama halnya dengan melihat matahari itu (mengenai kejelasannya). Engkau boleh
menyaksikan atau tinggalkan. (I’anatut Thalibin IV : 273)
إذا تعارضت
البيـنات
رجح
من
تعين
منها
بقوة
جانبه
ومنه
أن
تكون
شهادة
أحدهما
بنقل
الملك
والأخرى
باستصحابه
فتقدم
الناقلة
لزيادة
علمها
6. Apabila terdapat dua pembuktian yang
saling berlawanan, hakim menguatkan salah satu yang ternyata mempunyai kelebihan
seperti : Salah seorang menyaksikan tentang adanya perpindahan milik sedangkan
yang lain membuktikan denagan jalan istishab, yang diterima adalah yang
membuktikan perpindahan tersebut karena ternyata dia lebih tahu. (Bughyatul
Musytarsyidin : 286)
قوله فكأن
كما
لابيـنة
اى
فكان
الشئ
المدعى
به
عند
التعارض
للبيـنتين
كالتى
لابيـنة
عليه
أصلا
7. Perkataan : Seakan-akan tidak ada bukti
apa-apa maksudnya ialah apabila dua pembuktian saling bertentangan mengenai
suatu hal, maka dianggap tidak ada bukti apa-apa tentang hal itu. (I’anatut
Thalibin III : 261)
فإن لم
يكـن
معه
بيـنة
لم
يسمع
دعواه
8. Apabila tidak membawa bukti, maka
gugatannya ditolak. (Al Muhadzab II : 320)
وإن لم
يكـن
له
(المدعى)
بيـنة
فالقول
قول
المدعى
عليه
بيمـنه
9.
Apabila penggugat tidak membawa bukti, maka yang diterima adalah sumpah
tergugat. (Al Bajuri II : 356)
وتلغوا.. إلى
قوله
.. كشهادة
خالفت
الدعوى
فلا
تسمع
لمنافاتها
الدعوى
10. Diabaikan …. Kesaksian yang menentang isis
gugatan itu, maka tidak diterima/didengar kesaksian itu karena menyalahi
gugatan. (I’anatut Thalibin IV : 204)
وإذا تداعيا
عينا
ولأحدهما
بيـنة
وهي
فى
يدهما
أو
فى
يد
أحدهما
أو
فى
غيرهما
حكم
لمن
له
البيـنة
11. Apabila dua orang saling menggugat barang
yang berada di tangan keduanya atau slah satu daripadanya atau di tangan orang
lain, hakim menetapkan bahwa barang itu adalah milik pihak yang membawa bukti.
(Al Muhadzab III : 327)
يقــدم المثـبت
عـلى
الــنافى
12. Yang menetapkan itu diutamakan dari yang
mentiadakan. (Kaidah Fiqih)
إن خط
الحاكم
أوثق
من
إقامة
البيـنة
الـيوم
13. Catatan resmi dari hakim lebih kuat
daripada mengemukakan pembuktian menurut zaman sekarang.
(مسئلة) مذهب الشافعى أن
مجرد
الكـتابة
فى
سائر
العقود
والإخبارات
والإنشآ
آت
ليس
بحجة
شرعية
14. Menurut pendapat Asy Syafi’I bahwa bukti
tertulis selain untuk pembuktian-pembuktian, pemberitaan dan perintah tidak
dapat menjadi hujjah syar’iyah. (Bughyatul Musytarsyidin : 186)
البيـنة على
المدعى
واليمـين
على
من
أنكر
15. Pembuktian dibebankan kepada penggugat
sedang sumpah dibebankan atas orang yang ingkar. (H.R. Baihaqi)
وإن كان
على
المدعى
بيـنة
سمعها
الحاكم
وحكم
له
بها
16. Apabila penggugat mempunyai bukti/saksi
maka hakim menerima gugatannya. (Al Bajuri II : 354)
وإن كانت
البيـنة
غير
عادلة
قاله
القاضى
زدنى
فى
شهودك
17. Apabila pembuktian itu/saksi itu tidak
adail, maka hakim meminta tambahan di dalam penyaksian itu. (Al Muhadzab II :
29)
S U M P A H
يمـين الاستظهار
ليت
حجة
مثبـتة
لحق
المدعى
ولا
دافعة
له
وإنما
هي
شرط
لحكم
الحاكم
على
نحو
الغائب
1. Sumpah istidzhar itu tidak menjadi
dasar yang kuat yang menetapkan hak penggugat dan tidak merupakan dasar yang
melindunginya. Sumpah tersebut hanya sebagai syarat penetapan hakim terhadap
orang yang gaib. (Bughyatul Musytarsyidin : 276)
ويسن تغليظ
يمـين
من
المدعى
عليه
والمدعى
وإن
لم
يطلبه
الخصم
فى
نكاح
وطلاق
ورجعة
2. Apabila penggugat mau bersumpah, maka
ditetapkanlah perkara itu untuk phaknya. (Fathul Muin : 150)
البيـنة حجة
قوية
لبعدها
عن
التهمة
واليمـين
حجة
ضعيفة
لقربها
عن
التهمة
3. Persaksian merupakan hujjah yang kuat
karena jauh dari kebohongan, sedangkan sumpah merupakan hujjah yang lemah
karena dekat dengan kebohongan. (I’anatut Thalibin IV : 247)
PENGAKUAN
يؤخذ باقرار
مكلف
مختار
1. Pengakuan dari seorang mukallaf yang
merdeka (bebas mengeluarkan pendapat) dapat diterima. (Al Muhadzab II : 176)
فإن أقر
بما
ادعى
عليه
به
لزمه
ما
أقر
به
ولا
يفيده
بعد
ذلك
رجوعه
2. Apabila tergugat membenarkan gugatan
terhadap dirinya, maka hakim menetapkan perkara itu berdasarkan pengetahuan
tersebut. (Al Bajuri II : 334)
الحكم بالإقرار
واجب
3. Menetapkan hukum berdasarkan pengakuan
itu merupakan suatu keharusan.
وحق الآدمى
لايصح
الرجوع
فيه
عن
الإقرار
4. Hak-hak yang berhubungan dengan hak
manusia tidak sah ditarik pengakuan itu. (Al Bajuri II : 4)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar