QUNUT SUBUH SUNNAH ATAU BID’AH ?
Al Imam Nawawi
mengatakan dalam kitabnya :
اعلم أن
القنوت
فى
صلاة
الصبح
سنة
للحديث
الصحيخ
فيه
عن
أنس
رضى
الله
عنه ؛ أن رسول
الله
صلى
عليه
وسلم
لم
يزل
بقنت
فى
الصبح
حتى
فارق
الدنيا
)) رواه
الحاكم
أبو
عبد
الله
فى
كتاب
الأربعين
،
وقال
؛
حديث
صحيح.
واعلم أن
القنوت
مشروع
عندنا
فى
الصبح
وهو
سنة
مأكدة
،
لو
تركه
لم
تبطل
صلاته
لكن
يسجد
السهو
سواءتركه
عمدا
أو
سهوا.
وأما
غير
الصبح
من
الصلوات
الخمس
فهل
يقنت
فيها
؟
فيه
ثلاثة
أقوال
للشافعى
رحمه
الله
تعالى ؛ الأصح المشهور منها
أنه
إن
نزل
بالمسلمين
نازلة
قنتوا
،
وإلافلا.
والثانى
يقنتون
مطلقا.
والثالث
لايقنتون
مطلقا
،
والله
أعلم.
ويستحب القنوت
عندنافى
النصف
الأخير
من
شهررمضان
فى
الكعة
الأخيرة
من
الوتر،
ولنا
وجه
أن
يقنت
فيهافى
جميع
شهررمضان،
ووجه
ثالث
فى
جميع
السنة
وهو
مذهب
أبى
حنيفة
،
والمعروف
من
مذهبنا
هوالأول،
والله
أعلم.
(الأذكار باب القنوت الصبح ، ص ٥٧)
qunut dalam sholat subuh disunnatkan,
berlandaskan keterangan hadits shohih melalui sahabat Anas ra : bahwa
Rosulullah saw masih tetap melakukan qunut dalam sholat subuh hingga beliau
wafat.
Hadits ini
diriwayatkan oleh Imam Hakim yang dikenal dengan julukan Abu Abdullah didalam
kitabnya Al Arbain, ia mengatakan bahwa predikat hadits ini shohih.
Do’a qunut
disyari’atkan dalam sholat subuh dalam mazhab kami, qunut merupakan sunnat
mu-akkad. Seandainya seseorang meninggalkannya, sholatnya tidak batal, tetapi
dianjurkan sujud sahwi, baik ia meninggalkannya secara sengaja ataupun lupa.
Selain sholat subuh, misalnya sholat lima waktu lainnya, apakah
disunnahkan juga membaca do’a qunut
padanya ? menurut Imam Syafi’I ada 3 pendapat
:
Pendapat paling
shohih dan paling terkenal diantaranya mengatakan, jika turu suatu malapetaka
dikalangan kaum muslimin , disunnahkan membaca qunut disemua sholat, tetapi
tidak demikian, maka tidak disunnahkan. Menurut pendapat kedua, boleh melakukan
qunut secara mutlaktanpa ikatan apapun, sedangkan menurut pendapat ketiga,
tidak boleh qunut secara mutlak.
Menurut mazhab kami,
disunnahkan membaca qunut dalam pertengahan terakhir dari bulan romadhon, yaitu
pada rokaat terakhir pada sholat witir. Dikalangan kami ada pendapat lain yang
mengatakan, disunnahkan membaca qunut selama bulan romadhon, menurut pendapat
ketiga, disunnahkan membaca qunut dalam satu tahun penuh, pendapat terakhir ini
menurut mazhab imam abu hanifah, tetapi pendapat yang terkenal dikalangan kami
adalah pendapat pertama tadi.
( AL ADZKAAR BAB
QUNUT SUBUH - HAL 57 )
sementara pendapat
Ibnu qoyyim al jauziyyah tentang qunut subuh adalah :
فأهل الحديث متو سطون بين هؤلاءوبين من اسحب
عند النوازل وغيرها، وهم أسعد بالحديث من الطائفتين ، فإنهم يقنتون حيث قنت رسول الله
صلى الله عليه وسلم، ويتركونه حيث تركه، فيقتدون به في فعله وتركه
Ahli hadits adalah kaum pertengahan antara mereka (pen :
yang mengatakan qunut itu bid’ah) dan mereka yang menganggap sunnah qunut
ketika ada nawazil dan lainnya (pen :
termasuk qunut subuh), mereka lebih beruntung terhadap hadits Nabi saw, mereka
qunut ketika Rosulullah qunut, dan meninggalkannya ketika Rosul
meninggalkannya, mereka mengikuti Nabi dalam menjalankan ataupun
meninggalkannya.
ويقولون ؛ فعله سنة وتركه
سنة، ومع هاذ فلا ينكرون على من داوم عليه، ولا يكرهون فعله، ولايرونه بدعة، ولا فاعله
مخالفاللسنة، كمالاينكرون على من أنكره عند النوازل، ولا يرون تركه بدعة، ولا تركه
مخالفا للسنة، بل من قنت فقد أحسن، ومن تركه فقد أحسن
Mereka (ahli hadits) mengatakan bahwa melakukannya adalah
perbuatan sunnah, dan meninggalkannya juga perbuatan sunnah, maka mereka tidak
mengingkari orang yang membiasakan qunut, tidak benci untuk melakukannya, tidak
menganggapnya bid’ah, dan juga tidak menganggap orang yang melakukannya
termasuk menyelisihi sunnah, begitu juga sebaliknya. Bahkan orang yang qunut
itu bagus, yang meninggalkannya juga bagus.
(ibnu
qoyyim al zauziyyah [w.751 H] zaad al maad – baerut : muassasah ar risalah, 1415
H – hal : 1/266)
Dari keterangan Ibnu Qoyyim Al Zauzi telah jelas bahwasannya
beliau mengatakan qunut subuh tidaklah bid’ah, dan orang yg mendawamkan qunut
subuh secara da’iman adalah tidak
menyelisihi sunnah, bahkan beliau mengatakan ahsan (bagus)
Ditambah keterangan dari al Imam An Nawawi bahwasannya qunut subuh
adalah sunnah mu-akkadah dalam mazhab syafi’i.
Wallahu a’lam…semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar