Rabu, 26 Juni 2013

KENAPA ANJING DAN BABI NAJIS ?



Bermula Hadits dari Abu Hurairah ra Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

طَهُورُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذَا وَلَغَ فِيهِ الْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ

Sucikanlah bejana kalian, jika seekor Anjing minum di dalamnya, dengan mencucinya tujuh kali, dan yang pertamanya dengan tanah.”
(HR. Muslim, Kitab Ath Thaharah Bab Hukmi Wulughil Kalbi, Juz. 2, Hal. 121 No hadits. 420. Abu Daud, Kitab Ath Thaharah Bab Al Wudhu bi Su’ril Kalbi, Juz.1, Hal. 103, No hadits. 65)

Berkata Imam Ash Shan’ani Rahimahullah ketika mengomentari hadits di atas:

وَهُوَ ظَاهِرٌ فِي نَجَاسَةِ فَمِهِ ، وَأُلْحِقَ بِهِ سَائِرُ بَدَنِهِ قِيَاسًا عَلَيْهِ ، وَذَلِكَ ؛ لِأَنَّهُ إذَا ثَبَتَ نَجَاسَةُ لُعَابِهِ ، وَلُعَابُهُ جُزْءٌ مِنْ فَمِهِ ، إذْ هُوَ عِرْقُ فَمِهِ ، فَفَمُهُ نَجِسٌ ، إذْ الْعِرْقُ جُزْءٌ مُتَحَلِّبٌ مِنْ الْبَدَنِ ، فَكَذَلِكَ بَقِيَّةُ بَدَنِهِ

Secara zhahir, mulutnya pun najis. Ketika dia menjilati seluruh badannya maka itu menjadi qiyas atasnya. Hal itu karena sudah pasti najisnya liur anjing, dan liur merupakan bagian dari mulutnya. Ketika mulutnya berkeringat maka mulutnya juga najis. Jika keringat bagian yang keluar dari badan, maka demikian juga anggota badan lainnya (juga najis).”
 (Imam Ash Shan’ani, Subulus Salam, Juz. 1, Hal. 40. Al Maktabah Asy Syamilah)

وأما الخنزير فنجس لانه اسوأ حالا من الكلب لانه مندوب إلى قتله من غير ضرر فيه ومنصوص على تحريمه فإذا كان الكلب نجسا فالخنزير أولي واما ما تولد منهما أو من أحدهما فنجس لانه مخلوق من نجس فكان مثله

Sedang mengenai masalah babi itu dihukumi najis karena ia lebih jelek keadaannya ketimbang anjing karena disunahkan membunuhnya meski tidak menimbulkan bahaya dan telah di-nash tentang haramnya, maka bila anjing najis niscaya babi pun lebih utama untuk menerima hukum najis, sedang peranakan yang keluar dari salah satu keduanya juga dihukumi najis karena ia tercipta dari hewan najis maka sama hukumnya sama dengan induknya.
( alMajmuu’ II/568 )

Wallahu a'alam bish showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar