Minggu, 16 Februari 2014

BAB NIKAH (pembuktian, sumpah, pengakuan)


PEMBUKTIAN

الأصل بقاء ما كان على ما كان

    1.        Menurut hukum asal tetapnya keadaan suatu itu menurut keadaan semula. (Al Asybah wa Nadzair)

وإنما هو إخبار عن كونه ملكا للمقر له

    2.        Yang dimaksud dengan pengakuan ialah memberitahukan bahwa barang tersebut adalah hak milik bagi orang yang mengaku itu. (I’anatut Thalibin III : 192)

ليس للقاضى أن يقبل الشهادة أو يحكم بمجرد خط من غير بيـنة مطلقا

    3.        Tidak boleh hakim menerima persaksian itu atau memutuskan perkara karena tidak ada bukti tertulis, kecuali atau selain bukti yang mutlak kebenarannya. (Bughyatul Musytarsyidin : 414)

إذا انتفى الشرط انتفى المشروط

    4.        Apabila syarat tidak ada maka masyrut juga tidak ada. (Ushul Fiqh)

أنه صلى الله عليه وسلم سئل عن الشهادة فقال للسائل : ترى الشمس قال نعم فقال على مثلها فاشهد أو دع

    5.        Bahwasannya Rasulullah saw pernah ditanya mengenai persaksian, beliau bersabda kepada si penanya : Adakah engkau melihat matahari?, si penanya menjawab : Ya, Rasulullah bersabda lagi : Persaksian itu sama halnya dengan melihat matahari itu (mengenai kejelasannya). Engkau boleh menyaksikan atau tinggalkan. (I’anatut Thalibin IV : 273)

إذا تعارضت البيـنات رجح من تعين منها بقوة جانبه ومنه أن تكون شهادة أحدهما بنقل الملك والأخرى باستصحابه فتقدم الناقلة لزيادة علمها

    6.        Apabila terdapat dua pembuktian yang saling berlawanan, hakim menguatkan salah satu yang ternyata mempunyai kelebihan seperti : Salah seorang menyaksikan tentang adanya perpindahan milik sedangkan yang lain membuktikan denagan jalan istishab, yang diterima adalah yang membuktikan perpindahan tersebut karena ternyata dia lebih tahu. (Bughyatul Musytarsyidin : 286)

قوله فكأن كما لابيـنة اى فكان الشئ المدعى به عند التعارض للبيـنتين كالتى لابيـنة عليه أصلا

    7.        Perkataan : Seakan-akan tidak ada bukti apa-apa maksudnya ialah apabila dua pembuktian saling bertentangan mengenai suatu hal, maka dianggap tidak ada bukti apa-apa tentang hal itu. (I’anatut Thalibin III : 261)

فإن لم يكـن معه بيـنة لم يسمع دعواه

    8.        Apabila tidak membawa bukti, maka gugatannya ditolak. (Al Muhadzab II : 320)

وإن لم يكـن له (المدعى) بيـنة فالقول قول المدعى عليه بيمـنه

    9.        Apabila penggugat tidak membawa bukti, maka yang diterima adalah sumpah tergugat. (Al Bajuri II : 356)

وتلغوا.. إلى قوله .. كشهادة خالفت الدعوى فلا تسمع لمنافاتها الدعوى

    10.    Diabaikan …. Kesaksian yang menentang isis gugatan itu, maka tidak diterima/didengar kesaksian itu karena menyalahi gugatan. (I’anatut Thalibin IV : 204)

وإذا تداعيا عينا ولأحدهما بيـنة وهي فى يدهما أو فى يد أحدهما أو فى غيرهما حكم لمن له البيـنة

    11.    Apabila dua orang saling menggugat barang yang berada di tangan keduanya atau slah satu daripadanya atau di tangan orang lain, hakim menetapkan bahwa barang itu adalah milik pihak yang membawa bukti. (Al Muhadzab III : 327)

يقــدم المثـبت عـلى الــنافى

    12.    Yang menetapkan itu diutamakan dari yang mentiadakan. (Kaidah Fiqih)

إن خط الحاكم أوثق من إقامة البيـنة الـيوم

    13.    Catatan resmi dari hakim lebih kuat daripada mengemukakan pembuktian menurut zaman sekarang.

(مسئلة) مذهب الشافعى أن مجرد الكـتابة فى سائر العقود والإخبارات والإنشآ آت ليس بحجة شرعية 

    14.    Menurut pendapat Asy Syafi’I bahwa bukti tertulis selain untuk pembuktian-pembuktian, pemberitaan dan perintah tidak dapat menjadi hujjah syar’iyah. (Bughyatul Musytarsyidin : 186)

البيـنة على المدعى واليمـين على من أنكر

    15.    Pembuktian dibebankan kepada penggugat sedang sumpah dibebankan atas orang yang ingkar. (H.R. Baihaqi)

وإن كان على المدعى بيـنة سمعها الحاكم وحكم له بها

    16.    Apabila penggugat mempunyai bukti/saksi maka hakim menerima gugatannya. (Al Bajuri II : 354)

وإن كانت البيـنة غير عادلة قاله القاضى زدنى فى شهودك

    17.    Apabila pembuktian itu/saksi itu tidak adail, maka hakim meminta tambahan di dalam penyaksian itu. (Al Muhadzab II : 29)



S U M P A H

يمـين الاستظهار ليت حجة مثبـتة لحق المدعى ولا دافعة له وإنما هي شرط لحكم الحاكم على نحو الغائب

    1.        Sumpah istidzhar itu tidak menjadi dasar yang kuat yang menetapkan hak penggugat dan tidak merupakan dasar yang melindunginya. Sumpah tersebut hanya sebagai syarat penetapan hakim terhadap orang yang gaib. (Bughyatul Musytarsyidin : 276)

ويسن تغليظ يمـين من المدعى عليه والمدعى وإن لم يطلبه الخصم فى نكاح وطلاق ورجعة

    2.        Apabila penggugat mau bersumpah, maka ditetapkanlah perkara itu untuk phaknya. (Fathul Muin : 150)

البيـنة حجة قوية لبعدها عن التهمة واليمـين حجة ضعيفة لقربها عن التهمة

    3.        Persaksian merupakan hujjah yang kuat karena jauh dari kebohongan, sedangkan sumpah merupakan hujjah yang lemah karena dekat dengan kebohongan. (I’anatut Thalibin IV : 247)

PENGAKUAN

يؤخذ باقرار مكلف مختار

    1.        Pengakuan dari seorang mukallaf yang merdeka (bebas mengeluarkan pendapat) dapat diterima. (Al Muhadzab II : 176)

فإن أقر بما ادعى عليه به لزمه ما أقر به ولا يفيده بعد ذلك رجوعه

    2.        Apabila tergugat membenarkan gugatan terhadap dirinya, maka hakim menetapkan perkara itu berdasarkan pengetahuan tersebut. (Al Bajuri II : 334)

الحكم بالإقرار واجب

    3.        Menetapkan hukum berdasarkan pengakuan itu merupakan suatu keharusan.

وحق الآدمى لايصح الرجوع فيه عن الإقرار

    4.        Hak-hak yang berhubungan dengan hak manusia tidak sah ditarik pengakuan itu. (Al Bajuri II : 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar