Minggu, 16 Februari 2014

QUNUT SUBUH SUNNAH ATAU BID'AH ?


QUNUT  SUBUH SUNNAH ATAU BID’AH ?

Al Imam Nawawi  mengatakan dalam kitabnya   :

اعلم أن القنوت فى صلاة الصبح سنة للحديث الصحيخ فيه عن أنس رضى الله عنه  ؛ أن رسول الله صلى عليه وسلم لم يزل بقنت فى الصبح حتى فارق الدنيا )) رواه الحاكم أبو عبد الله فى كتاب الأربعين ، وقال ؛ حديث صحيح.
واعلم أن القنوت مشروع عندنا فى الصبح وهو سنة مأكدة ، لو تركه لم تبطل صلاته لكن يسجد السهو سواءتركه عمدا أو سهوا. وأما غير الصبح من الصلوات الخمس فهل يقنت فيها ؟ فيه ثلاثة أقوال للشافعى رحمه الله تعالى  ؛  الأصح المشهور منها أنه إن نزل بالمسلمين نازلة قنتوا ، وإلافلا. والثانى يقنتون مطلقا. والثالث لايقنتون مطلقا ، والله أعلم.
ويستحب القنوت عندنافى النصف الأخير من شهررمضان فى الكعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه أن يقنت فيهافى جميع شهررمضان، ووجه ثالث فى جميع السنة وهو مذهب أبى حنيفة ، والمعروف من مذهبنا هوالأول، والله أعلم.

 (الأذكار باب القنوت الصبح ، ص ٥٧)

qunut dalam sholat subuh disunnatkan, berlandaskan keterangan hadits shohih melalui sahabat Anas ra : bahwa Rosulullah saw masih tetap melakukan qunut dalam sholat subuh hingga beliau wafat.
Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Hakim yang dikenal dengan julukan Abu Abdullah didalam kitabnya Al Arbain, ia mengatakan bahwa predikat hadits ini shohih.
Do’a qunut disyari’atkan dalam sholat subuh dalam mazhab kami, qunut merupakan sunnat mu-akkad. Seandainya seseorang meninggalkannya, sholatnya tidak batal, tetapi dianjurkan sujud sahwi, baik ia meninggalkannya secara sengaja ataupun lupa. Selain sholat subuh, misalnya sholat lima waktu lainnya, apakah disunnahkan  juga membaca do’a qunut padanya ? menurut Imam Syafi’I ada 3 pendapat  :
Pendapat paling shohih dan paling terkenal diantaranya mengatakan, jika turu suatu malapetaka dikalangan kaum muslimin , disunnahkan membaca qunut disemua sholat, tetapi tidak demikian, maka tidak disunnahkan. Menurut pendapat kedua, boleh melakukan qunut secara mutlaktanpa ikatan apapun, sedangkan menurut pendapat ketiga, tidak boleh qunut secara mutlak.
Menurut mazhab kami, disunnahkan membaca qunut dalam pertengahan terakhir dari bulan romadhon, yaitu pada rokaat terakhir pada sholat witir. Dikalangan kami ada pendapat lain yang mengatakan, disunnahkan membaca qunut selama bulan romadhon, menurut pendapat ketiga, disunnahkan membaca qunut dalam satu tahun penuh, pendapat terakhir ini menurut mazhab imam abu hanifah, tetapi pendapat yang terkenal dikalangan kami adalah pendapat pertama tadi.
( AL ADZKAAR  BAB QUNUT SUBUH  - HAL 57 )

sementara pendapat Ibnu qoyyim al jauziyyah tentang qunut subuh adalah  :

فأهل الحديث متو سطون بين هؤلاءوبين من اسحب عند النوازل وغيرها، وهم أسعد بالحديث من الطائفتين ، فإنهم يقنتون حيث قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم، ويتركونه حيث تركه، فيقتدون به في فعله وتركه

Ahli hadits adalah kaum pertengahan antara mereka (pen : yang mengatakan qunut itu bid’ah) dan mereka yang menganggap sunnah qunut ketika ada nawazil dan lainnya (pen  : termasuk qunut subuh), mereka lebih beruntung terhadap hadits Nabi saw, mereka qunut ketika Rosulullah qunut, dan meninggalkannya ketika Rosul meninggalkannya, mereka mengikuti Nabi dalam menjalankan ataupun meninggalkannya.

ويقولون ؛ فعله سنة وتركه سنة، ومع هاذ فلا ينكرون على من داوم عليه، ولا يكرهون فعله، ولايرونه بدعة، ولا فاعله مخالفاللسنة، كمالاينكرون على من أنكره عند النوازل، ولا يرون تركه بدعة، ولا تركه مخالفا للسنة، بل من قنت فقد أحسن، ومن تركه فقد أحسن

Mereka (ahli hadits) mengatakan bahwa melakukannya adalah perbuatan sunnah, dan meninggalkannya juga perbuatan sunnah, maka mereka tidak mengingkari orang yang membiasakan qunut, tidak benci untuk melakukannya, tidak menganggapnya bid’ah, dan juga tidak menganggap orang yang melakukannya termasuk menyelisihi sunnah, begitu juga sebaliknya. Bahkan orang yang qunut itu bagus, yang meninggalkannya juga bagus.

(ibnu qoyyim al zauziyyah [w.751 H] zaad al maad – baerut : muassasah ar risalah, 1415 H – hal : 1/266)
Dari keterangan Ibnu Qoyyim Al Zauzi telah jelas bahwasannya beliau mengatakan qunut subuh tidaklah bid’ah, dan orang yg mendawamkan qunut subuh secara da’iman  adalah tidak menyelisihi sunnah, bahkan beliau mengatakan ahsan (bagus)
Ditambah keterangan dari al Imam An Nawawi bahwasannya qunut subuh adalah sunnah mu-akkadah dalam mazhab syafi’i.

Wallahu a’lam…semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar