Minggu, 16 Februari 2014

BAB NIKAH (persidangan dan persaksian)


PERSIDANGAN

أنه يحرم على الحاكم أن يحكم بين الخصمين حتى سمع كلا منهما فيسمع دعوى المدعى أولا ثم يسمع جواب المجيب وينظر فى حجة كل منهما استفصال ما لديه .. إلى قوله .. فإن حكم قبل سماع الإجابة عمدا بطل قضاؤه

    1.        Sesungguhnya diharamkan pada hakim untuk memutuskan perkara antara dua orang yang berperkara kecuali kalau hakim mendengar semua pihak itu, maka dia mendengar gugatan penggugat dulu, kemudian hakim mendengarkan jawaban tergugat dan hakim meneliti tiap-tiap hujjah itu dan memperincikan di depan hakim …… jika hakim memutuskan perkara sebelum mendengarkan jawaban dengan sengaja maka batallah putusannya. (Syarh Umdatul Ahkam II : 320)

فلا يجوز القضاء عليه قبل السؤال كالحاضر فى مجلس الحاكم

    2.        Dan tidak boleh dilaksanakan putusan itu sebelum ditanya kepada pihak yang berperkara, seperti halnya orang yang hadir di majelis hakim. (Al Muhadzab II : 320)

ويشترط حضور الخصم للدعوى وإقامة البيـنة عليه عند الحاكم

    3.        Disyaratkan harus hadir orang yang berperkara bagi gugatan dan mengemukakan pembuktian/saksi di depan hakim. (Ghayah Talkhishul Murad : 306)

لابد من احضار الزوجين فى مجلس الحاكم فإن امتنـع أحدهما بغير عذر ولم يكـن احضاره بالقوة حكم عليه غيابا

    4.        Mesti kedua suami isteri hadir di dalam majelis hakim, jika salah satunya berhalangan dan tidak dapat menghadirinya, maka diputuskan perkara itu secara verstek. (Khulashotut Tiryaq : 75)

PERSAKSIAN

لاتقبل شهادة النساء فى الحدود ولا فى النكاح والطلاق

    Tidak boleh diterima persaksian wanita di dalam perkara had, nikah dan talak. (Qalyubi : 325)

شاهدان فى غير الزنا وغير معناه

     Dua saksi itu diterima selain zina. (Syarqawi II : 879)

فلا تقبل شهادة المغفل الذى لا يحفظ

    Tidak boleh diterima persaksian orang yang pelupa yang tidak menghafal hal-hal mengenai perkara itu. (Al Anwar II : 425)

لا تقبل شهادة الوالدين للأولاد

    Tidak diterima pesaksian kedua orang tua terhadap anak-anaknya. (Al Muhadzab II : 347)

فتقبل شهادة الأخ لأخـيه

    Maka boleh diterima persaksian saudara kepada saudaranya. (Al Bajuri II : 348)

لأن المدار هنا اى فى شروط الشاهد على عقيدة الحاكم لاالشاهد فقد يحذف أو يغير ما لا يؤثر عند نفسه ويؤثر عند الحاكم

    Karena titik tolak di sini yaitu dalam pembahasan syarat-syarat saksi adalah diatas keyakinan hakim bukan pribadi saksi itu sendiri yang adakalanya menyembunyikan atau merobah pengakuannya yang tidak berkesan untuk dirinya, tapi berkesan bagi hakim. (Bughyatul Musytarsyidin : 282)

تقبل الشهادة الأخ والعم

    Diterima persaksian saudara dan paman. (Al Anwar II : 171)

ولا تسمع إلا من أهل الخبرة الباطنـية

    Dan tidak boleh didengar persaksian itu kecuali persaksian orang yang tahu betul-betul peristiwa itu (ahli). (Al Anwar II : 486)

ولا يضر قليل الغلط والنسيان إذ لا يسلم منه أحد

    Kesalahan dan pelupa yang ringan tidak merusak kesaksian karena tak ada seorangpun yang bebas dari hal itu. (Asnal Mathalib IV : 352)

فلابد أن يكون الشاهد متيقظا ومن المتيقظ ضبط الفاظ المشهر عليه بحروفها من غير زيادة ولا نقص

    Saksi harus orang yang sadar, adapun tanda kesadarannya ialah tepat dalam menyebutkan kesaksiannya tanpa tambahan atau pengurangan. (I’anah IV : 324)

ولغير ذلك من حقوق الله ومايطلع عليه رجال غالبا كنكاح وطلاق وموت واعسار ووكالة ووديعة رجلان اه

    Peristiwa yang bisa disaksikan oleh lelaki pada umumnya seperti nikah, talak, kematian, kemiskinan dan wikalah serta wadi’ah, saksinya harus dua orang laki-laki. (Tuhfah : 324)

يجب على شهود النـكاح ضبط التاريخ بالساعة واللحظات

12. Saksi-saksi pernikahan harus menyebutkan tanggal, waktu dan saat terjadinya penikahan tersebut. (I’anah IV : 275(

بل حكم النبى صلعم بالشاهد واليمين وبالشاهد فقط

    Nabi pernah menetapkan hukuman dengan seorang saksi dan sumpah, bahkan dengan seorang saksi saja. (Asnal Mathalib III : 428)

ولما يظهر للرجال غالبا كنـكاح وطلاق منجزا ومعلق وفسخ نكاحإلى قوله رجلان

    Apa yang menjadi wewenang laki-laki seperti nikah, talak (baik yang langsung atau bersyarat) dan fasakh …. Saksinya dua orang. (I’anatut Thalibin IV : 275)

وله ..اى للشخص.. بلا معارض شهادة على البسب.. ولو من أم وقبيلة وعتق.. ووقف وموت ونكاح.. وملك شامع.. اى استفاضة من جمع يؤمن كذبهم.. اى تواطؤهم عليه لكثرتهم فيقع العلم أو الظن القوي بخبرهم

    Seseorang dapat menjadi saksi tentang nasab, pembebasan budak, waqaf, kematian, nikah dan harta milik yang sudah tersiar (dari orang banyak yang tidak mungkin mereka semua berdusta), walaupun ia (saksi) dari golongan sedarah atau seqahlah dengan syarat tidak ada yang melawannya.  (I’anatut Thalibin IV : 300)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar