Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (DISPENSASI KAWIN/IZIN KAWIN & IZIN POLIGAMY


DISPENSASI KAWIN/IZIN KAWIN

يا معشر الشباب من ا ستطاع منكم الباءة فليتزوج فانه اغض للبصر واحصن للفرج ومن لم يستطع فعليه بالصوم فانه له وجاء (رواه البخارى)

    1.         Wahai pemuda, barangsiapa diantara kamu sangup kuasa akan perbelanjaan kawin, dan yang mewajibkannya, maka hendaklah kamu kawin. Sesungguhnya kawin itu dapat menundukkan pandangan mata dan meredakan gelora syahwat. Dan barangsiapa tidak sanggup hendaklah dia berpuasa sebab puasa itu menjadi pengekang baginya. (Mughnil Muhtaj III : 125)

تصرف الامام على الرعية منوط المصلحة

2. Pemerintah mengurus rakyatnya sesuai dengan kemaslahatan (Al Asybah wan Nadzair :128)

وانكحوا الايامى منكم والصالحين من عبادكم وامائكم ان يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله والله واسع عليم

    3.        Dan kawinkanlah orang-orang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnianya. Dan Allah Maha Luas pemberiannya lagi Maha Mengetahui. (Q.S : An Nur : 32).

IZIN POLIGAMI

فانكحوا ماطاب لكم من النساء مثنى وثلاث ورباع فإن خفتم الا تعدلوا فواحدة .

    Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adail, maka (kawinilah) seorang saja. (Q.S. An Nisa’ : 3)

وقد ورد فى الخبر الصحيح : اذا كان عند الرجل امرأتان فلم يعدل بينهما جاء يوم القيامة وشقه مائل او ساقط, وقد كان صلى الله عليه وسلم فى غاية من العدل فى القسم.

    Apabila seorang laki-laki/suami beristeri dua kemudian tidak berlaku adil terhadap keduanya, maka di hari kiamat nanti ia dibangkitkan dalam keadaan miring atau tidak berlambung. Dan adalah Nabi SAW yang seadi;-adilnya dalam keadaanmemberi giliran kepada isteri-isterinya. (Al Hasyiyah Al Bajuri juz III : 366).

1 komentar: