Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (pengesahan nikah)


PENGESAHAN NIKAH

وفى الدعوى بنكاح على امرأة ذكر صحته وشروطه من نحو ولى وشاهدى عدول

1. Pengakuan perkawinan dengan seorang perempuan harus dapat menyebutkan sahnya perkawinan dahulu dari   umpamanya wali dan dua orang saksi yang adil. (I’anatut Thalibin IV : 254).

فإذا شهدت لها بينة على وقف الدعوى ثبتت الزوجية والإرث                        

2.  Maka jika telah ada saksi-saksi yang menyaksikan atas perempuan itu yang sesuai dengan gugatannya itu, maka tetaplah pernikahannya itu. (Bughyatul Musytarsyidin : 298).

ويقبل إقرار البـالغة العـاقلـة بالنكاح

3.  Diterima pengakuan nikahnya seorang perempuan yang aqil baligh. (Tuhfah IV : 133).

وفى الدعوى بنكاح على امرأة ذكر صحته وشروطه                                 

4.  Didalam dakwa telah nikah kepada perempuan  harus menerangkan sahnya nikah dan syarat-syaratnya. (Fathul Mu’in  IV : 253).

ويجوز نكاح الحامل من الزنا لأن حملها لا يلحق بأحد فوجوده كعدمه                 

5.  Boleh menikah perempuan yang hamil dari zina karena kehamilannya itu tidak dapat dikaitkan kepada siapapun juga, jadi adanya hamil itu seperti tidak hamil. (Al Muhazab II : 210).

ويقبل إقرارالبـالغـة الـعاقلـة على القول اجـديـد                                          

6.  Diterima pengakuan seorang wanita yang sudah baligh dan berakal,bahwa dia telah dinikahi oleh seseorang menurut qaul jaded. (Mughnil Muhtaj II : 140).

           ولوادعت امرأة على رجل النكاح سمعت اخترن بها حق من الحقوق كالصداق والنفقة والميراث أو لم يقترن

    7.        Jika seorang wanita mengaku telah dinikah sah oleh seorang pria, maka dapatlah diterima pengakuannya itu, baik yang berhubungan dengan penuntutan, mahar, nafkah, warisan atau yang tidak berhubungan dengan itu. (Al Anwar II : 146)

وان كان المدعى نكاحا فقد قال الشافعى رحمه الله لايسمع حتى يقول نكحتها بـولى وشاهدين ورضاها

    8.        Jika yang diperkarakan adalah suatu pernikahan, maka Imam Syafi’i telah berkata : Pengakuan itu tidak didengar hingga yang mengaku berkata : Saya telah menikahkannya dengan seorang wali dan dua orang saksi pula dengan keredlaan isteri. (Al Muhazab II : 310)

وان ادعت امرأة على رجل نكاحا فإن كان مع النكاح حق تدعيه من مهر ونفقة سمعت دعواها

    9.        Apabila seorang wanita mengaku adanya hubungan perkawinan dengan seorang laki-laki, jika ada kaitan hak yang dituntutnya seperti mahar atau nafkah, maka gugatannya/pengakuannya diterima. (Al Muhazab II : 310)

ولو قال الرجل فلانة زوجتى ولم يقبل وصدقته المرأة أو المجبر كـفى

    10.    Apabila seorang laki-laki berkata : “Fulanah isteriku”, Dan ia tidak memerinci dan isteri membetulkan kepada kata-kata lelaki itu, atau wali mujbir, maka telah dianggap cukup. (Al Anwar : 461)

ويجوز لقاض تـزوج من قالت انا خليـة عن نكاح وعدة

    11.    Boleh hakim menikahkan perempuan yang mengaku bahwa : Saya bebas dari ikatan perkawinan dan iddah. (I’anatut Thalibin III : 315, 319)

فإن كانت حاملا من زنا أو حملت فى العدة منه انقضت عدتها بمضى الأشهر مع وجوده لأنه لا حرمة لهولهذا لو نكح حاملا من زنا صح نكاحه قطعا وجاز له وطؤ ها قبل وضعه على الأصح, وجهل حال الحمل هل هو من زنا أو من وطء الشبهة حمل انه من الزنا, كما نقله الشيخان عن الرويانى وبه افتى القفال وجزم صاحب الأنوار, وقال الإمام : يحمل على أنه من وطء الشبهة

    12.    Apabila seorang peempuan hamil karena zina atau hami semasa iddah, maka iddahnya dianggap habis setelah tiga bulan walaupun dia hamil, karena itu tidak haram baginya (mengawini perempuan tersebut). Apabila ia kawin dalam keadaan hamil karena zina, maka perkawinannya sah dan boleh suami menyetubuhnya sebelum dia melahirkan (menurut pendapat yang lebih kuat). Apabila tidak diketahui apakah hamilnya karena zina atau karena persetubuhan syubhat, dianggap hal itu zina. Sebagaimana riwayat Syaikhan dari Ar Rujani, demikian juga fatwa Al Qaffal dan hal ini ditetapkan pula oleh pengarang Al Anwar. Al Imam berkata : Dalam hal itu dianggap dari persetubuhan syubhat, dengan dasar husnudhon (sangkaan yang baik) demikian pula penetapan dari pengarang At Ta’jiz. Dan kompromi dari dua pemikiran tersebut adalah :
        a.        Dianggap dari zina, agar iddahnya tidak tergantung dari kehamilannya.
        b.        Dianggap dari persetubuhan syubhat, agar tidak terkena had. (Al Bajuri II : 169)

يجوز نكاح الحامل من الزنا سواء الزانى أو غيره ووطؤها حينئذ مع الكراهة

    13.    Boleh mengawini orang yang hamil karena zina baik yang berbuat ataupun orang lain, dan boleh juga menyetubuhinya kaetika itu dengan hukum makruh. (Bughyatul Musytarsyidin : 228)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar