Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (PERKARA SYIQOQ)


PERKARA SYIQAQ

وإذا رأى حكم الزوج الطلاق استقبل به ولا يزيد على طلق

    1.        Bila hakam pihak suami memandang perlu talak, hal itu diterima dan tidak lebih dari talak satu. (Mahally III : 307)

وقول حكمان موليان من الحاكم

    2.        Menurut satu pendapat, dua hakam itu mewakili hakim. (Mahally III : 306)

وإن رأى ألخلع ووافقه حكمها تخالعا

    3.        Jika hakam pihak suami menghendaki khulu’ dan disetujui oleh hakam pihak isteri, maka dilaksanakanlah khulu’. (Qalyubi ala Mahaly III : 307)

وإذا بعثهما الحاكم وجب عليهما أن يفحسا القضية فحصا تاما بكل دقة وأمانة ويختلى كل واحد منهما

    4.        Apabila hakim telah mengangkat dua hakam, maka keduanya harus melakukan penelitian yang sempurna, mendalam dan terpercaya dan memanggil sendiri-sendiri masing-masing suami isteri tersebut. (Khulashotut Tiryaq : 72-73)

والبعث واجب واما كونها من أهلها فمستحب غير مستحق اجماعا

    5.        Mengangkat hakam itu wajib, sedang keadaan hakam dari pihak keluarga suami isteri itu sunnah, tidak wajib. (Mughnil Muhtaj III : 261)

فلهما أن يفعلا ما يريانه من الجمع والتفريق بعوض أو بغير عوض

    6.        Kedua hakam berhak melakukan apa yang disepakati, baik mempertahankan perkawinan tersebut atau menceraikan, dengan iwadl atau tanpa iwadl.

وإن اختلف رأيهما بعث القاضى اثنين غيرهما ليجتمعا على شئ

    7.        Apabila kedua hakam tersebut berbeda pendapat, maka hakim mengangkat dua hakam yang lain agar dapat sepakat dalam satu pendapat. (Mughnil Muhtaj III : 244)

فإن اشتد الشقاق بعث حكما من اهله وحكما من اهلها وهما وكيلان لهما وفى قول موليان من الحاكم. وعلى القول الثانى يشترط فى الحكمين المذكورة زيادة على ما مر لاالاجتهاد ولا يشترط رضا الزوجين يبعثهما ويحكمان بما يرياهما مصلمة من الجمع والتفريق

    8.        Apabila perselisihan telah memuncak, diangkatlah seorang hakam dari pihak suami dan seorang hakam dari pihak isteri, yang merupakan wakil dari suami isteri tersebut. Menuru pendapat lain sebagai pengganti dari hakim. Menurut pendapat ini maka hakam itu harus laki-laki, dan tidak diperlukan persetujuan suami isteri yang bersangkutan. Keduanya diangkat dan menetapkan apa yang dipandangnya baik antara mempertahankan perkawinan tersebut atau memisahkannya. (Mughnil Muhtaj III : 261-262)

فإن اشتد الشقاقاى الخلافبعث القاضىوجوبا للآية لأنه من رفع الظلمات وهو من الفروض العامة على القاضىحكماوبين كونه من اهله وحكماوبين كونه من اهلها

    9.        Apabila perselisihan sudah memuncak, hakim mengutus seorang hakam dari pihak suami dan seorang hakam dari pihak isteri. (Hal ini menjadi keharusan bagi hakim, sebab termasuk usaha menghilangkan kedholiman yang menjadai tugas umum hakim. (Mughnil Muhtaj III : 252)

وعلى الثانى لا يشترط رضاها بيبعث الحكمين وإذا رأى حكم الزوج الطلاق استقبل به, فللشافعىوالقول الثانى أنه يجوز بعث الحكمين دون رضاها

    10.    Berdasarkan pendapat yang kedua : Tidak disyaratkan persetujuan pihak isteri dalam mengankat hakam tersebut. Apabila hakam pihak suami mengusulkan talak, maka hal itu boleh diterima. Menurut pendapat Asy Syafi’iyah : pendapat kedua mengatakan bahwa boleh mengangkat hakam tanpa pesetujuan isteri. (Al Qalyubi III : 307/Al Khozin : 435)

فيوكل الزوج حكمه بطلاق وقبول عوض الخلع, وتوكل الزوج حكمها ببذل عوض وقبول الطلاق

    11.    Pihak suami menyerahkan pada hakamnya untuk menjatuhkan talak dan menerima iwadl khulu’, sedang pihak isteri menyerahkan pada hakamnya untuk membayar iwadl dan menerima jatuhnya talak. (Syarqawi Tahrir II : 279)

وبعث الحكمين إنما يترتب على اشتداد الشقاق اى التخاصم بينهما

    12.    Pengangkatan hakam hanya didasarkan pada memuncaknya perselisihan. (Syarqawi III : 373)

ويفرق الحكمان بينهما إن رأياه صوابا

    13.    Kedua hakam dapat memisahkan suami isteri tersebut bila hal itu dipandangnya benar. (Mughnil Muhtaj III : 261)

إن بعث الحكمين لا يترتب على مجرد دعوى كل التعدى- إلى قولهوبعث الحكمين

    14.    Pengangkatan hakam tidak semata-mata karena gugatan masing-masing pihak, tetapi tergantung pada adanya perselisihan yang memuncak antara suami isteri. (Syarqawi II : 373)

فإن اشتد الشقاق اى الخلاف بينهما بأن داما على التساب والتضارب بعث القاضى- الى قوله- لينظر ما فى امرهما بعد اختلاء حكمه به وحكمها بها ومعرفة ما عندها فى ذلك ويصلحا بينهما أو يفرقا إن عسر الاصلاح

    15.    Apabila perselisihan telah memuncak antara suami isteri, yaitu selalu saling mencela dan saling memukul, hakim mengangkat (dua hakam) agar memeriksa perkara mereka setelah diadakan pertemuan antara pihak suami dengan hakamnya dan pihak isteri dengan hakamnya serta mengerti persoalannya. Hakam dapat mendamaikan atau memisahkan suami isteri tersebut bila sulit dicapai perdamaian. (Qalyuby III : 306)

وفى قول موليان من الحاكموإن لم يرضى الزوجان

    16.    Menurut satu pendapat keduanya menjadi ganti dari hakim, walaupun suami isteri tersebut tidak menyetujui. (Mughnil Muhtaj III : 233/ Qalyuby III : 307)

فإن اختلف رأيها بعث القاضى اثنين ليتفقا على شئ

    17.    Apabila kedua hakam tersebut berbeda pendapat, hakim mengangkat dua orang lain untuk mencapai kesepakatan. (Tuhfah VII : 457)

فغن امتنع على القبول وامتنعت المرأة على الطاعة دخلت القضية فى باب الشقاق

    18.    Apabila pihak suami menolak untuk menjatuhkan talak, sedang pihak isteri menolak untuk taat, maka perkara tersebut masuk dalam perkara syiqaq. (Hulashatut Tiryaq : 62)

فلهما أن يفعلا ما يريانه من الجمع والتفريق بعوض أو بغير عوض وإن لم يحصل لهما إذن من الزوجين

    19.    Kudua Hakam dengan bebas melaksanakan kesepakatannya, baik berupa mengumpulkan kembali suami isteri yang bersangkutan atau menceraikan dengan iwadl atau tanpa iwadl, walaupun tanpa perkenan dari pihak suami isteri yang bersangkutan. (Hulashatut Tiryaq : 69)

وإن خفتم شقاق بينهما فابعثوا حكم من اهله وحكما من اهلها عن يريدا اصلاحا يوفق الله بينهما

    20.    Dan jika dikhawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan, jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufiq kepada suami isteri itu. (Q.S. An Nisa’ : 35)

وقد أجمع العلماء على أن الحكمين لهما الجمع والتفريق ومن شأن الحكم أن يحكم بغير رضا المحكوم عليه

    21.    Para ulama telah ijma’ bahwasannya hakam dari suami dan hakam dari isteri keduanya berhak mendamaikan atau memisahkan suami isteri tersebut menurut kemauannya sebab memutuskan perkara itu tanpa keridlaan orang yang berperkara. (Ibn Katsir I : 493)

وهما حكمان من جهة الحاكم فى القول الآخر فيجعل الحاكم إليهما الاصلاح والتفريق من غير رضا الزوجين وهو الاصح

    22.    Kedua hakam itu dalam pendapat lain sebagai hakim, maka bolehlah hakim itu mengadakan perdamaian atau perpisahan bagi suami isteri itu dan ini sah. (At Tanbih lis Syairazi : 102)

واعلم أن كون الحكمين من الأهلين عند وجودهما مندوب عند الشافعى وواجب عند مالك

    23.    Bahwasannya mengangkat dua hakam dari kelurga suami/isteri walaupun yang diangkat ada, hukumnya sunnat menurut Asy Syafi’i, tetapai menurut Imam Malik wajib. (Sawy I : 277)

إذا حكما فى الفراق فغنه بائن

    24.    Jika telah diputus cerai, maka talaknya adalah ba’in. (Ahkamul Qur’an I : 148)

وإذا رأى حكم الزوج الطلاق استقبل منه ولا يزيد على طلقةالى قوله- وإن لم يرضى الزوجان

    25.    Apabila hakam memandang maslahatnya harus dicerai, maka hakam dapat menceraikan dengan menjatuhkan satu talak meskipun suami isteri tidak rela. (Qalyubi al Mahally III : 307)

القول الثانى أنه يجوز بعث الحكمين دون رضاهما ويجوز لحكم الزوج أن يطلق دون رضاه ولحكم الزوجة أن يختلع دون رضاها إذا رأى الصلاح كالحاكم يحكم بين الخصمين وإن لم يكم على وفق مرادهما

    26.    Pendapat kedua sesungguhnya boleh mengutus hakamain tanpa kerelaan dari kedua belah pihak, dan boleh bagi hakam suami menceraikan/menjatuhkan talak tanpa kerelaannya, dan bagi hakam isteri boleh mengkhulu’ tanpa kerelaannya. Apabila hakamain melihat maslahatnya, sama denga hakim memutuskan perkara antara dua orang yang berperkara meskipun tidak cocok dengan kehendak mereka berdua. (Tafsiru Khazin V : 79)

وقد اختار الإسلام نظام الطلاق حين تضطرب الحياة الزوجين ولم يعد ينفع فيها نصح ولا صلاح وحيث تصبح الربطة الزوج صورة من غير روح لأن الإستمرار معناه أن يحكم على أحد الزوجين بالسجن المؤبد وهذا تأباه روح العدالة

    27.    Islam telah memilih jalan perceraian pada saat kehidupan rumah tangga mengalami ketegangan dan guncangan yang berat, dimana sudah tidak berguna lagi nasihat-nasihat dan tidak dapat dicapai lagi perdamaian antara suami isteri serta perkawinan sudah mencerminkan tidak mungkin akan dapat mencapai tujuannya. Sebab mengharuskan untuk tetap melestarikan dan mempertahankan perkawinan tersebut berarti sama halnya dengan menghukum salah satu pihak dengan hukuman seumur hidup, dan ini adalah kezaliman yang ditentang oleh jiwa keadilan. (Ma dza Huriyatuz Zaujain I : 83)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar