Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (NAFKAH ISTERI)


NAFKAH ISTERI

يجب لها فى جميع ما ذكر من الطعام والادم وآلة ذلك والفرش وآلة التنظـف أن يكون تمليكا

    1.        Wajib diberikan untuk isteri daripada makanan dan lauk pauknya serta kasur/tempat tidur yang keadaannya dimilikkan kepada isteri. (I’anatut Thalibin IV : 721)

وما جعلت تمليكا يصير دينا بمضى الزمان ويعتاض عنه

    2.        dan barang-barang yang harus dimilikkan kepada isteri menjadi hutang bagi suami dengan sebab berlalu masanya dan boleh diganti segala rupa barang yang wajib dengan lain barang. (I’anatut Thalibin IV : 73)

إذا وجد التمكين الموجب للنفقة ولم ينفق حتى مضت مدة صارت النفقة دينا فى ذمته ولا تسقط بمضى الزمان

    3.        Apabila isteri taat, maka wajiblah suami memberi nafkah dan jika suami tidak memberikannya hingga lewat suatu masa maka nafkah tersebut menjadi hutang suami karena tanggungannya dan tidak gugur hutang tersebut dengan melewati suatu masa. Muhadzab II : 175)

فالنفقة أو الكسوة لجميع ما مضى من تلك المدة دين لها عليه لأنها استحق ذلك فى ذمته

    4.        Nafkah atau pakaian yang belum dipenuhi maka harus dilunasi walaupun sudah  lampau masa. (I’anatut Thalibin IV : 85)

لو منع الزوج زوجته حقا لها عليه كقسم ونفقة الذمة أو القاضى توفيته إذا طلبته

    5.        Apabila suami mencegah pada isterinya untuk memperoleh haknya isteri yang wajib dipenuhi oleh suami seperti giliran dan nafkah, maka wajib bagi hakim untuk menyuruh memenuhinya bilamana isteri menuntut. (Al Bajuri II : 130)

إذا سلمت المرأة نفسها إلى زوجها وجبت نفقتها

    6.        Isteri yang telah mnyerahkan dirinya kepada suaminya didalam pernikahan yang sah, si isteri tetap mendapat nafkah.

ونفقة الزوجة المتمكنة من نفسها واجبة على الزوج

    7.        Wajib bagi suami memberi nafkah kepada isterinya yang menyerahkan dirinya. (Al Bajuri II : 189)

(باب النفقة الزوجات) سلمت المرأة نفسها إلى زوجها فتمكن من الإستمتاع بها إلى حيث يريد وهما من اهل الإستمتاع فى نكاح صحيح وجبت نفقتها مما روى جابر رضى الله عنه أن رسول الله صلعم خطب خطبة : أيها الناس اتقوا اللهإلى أن قال وكسوتهن بالمعروف

    8.        Apabila isteri itu telah menyerahkan dirinya kepada suaminya dan suami itu sudah bersenang-senang dengannya, sedangkan suami isteri tersebut termasuk orang ahlul istimta’ dalam perkawinan yang sah, maka wajib bagi suami memberi nafkah dan diserahkan dengan sepantasnya. (Muhadzab II : 170)

وتسقط نفقة كل يوم بنشوز أى خروج عن الطاعة الزوج بعد التمكين

    9.        Dan tidaklah mendapat nafkah untuk tiap-tiap harinya bagi seorang isteri yang telah durhaka, maksudnya perempuan tersebut tidak taat kepada suaminya setelah menyerahkan diri (tamkin). (Mughnil Muhtaj III : 436)

وعلى الزوج أن يسكنها فى دار المفردة ليس فيها أحد من أهله إلا أن تختار ذلك

    10.    Wajib bagi suami memberikan tempat tinggal bagi isterinya dalam rumah tersendiri yang tidak dicampuri oleh salah seorang dari keluarga suaminya kecuali bila si isteri menghendaki demikian. (Lisanul Hakam : 129)

فإذا علم وعاد وأرسل من يتسلمها له أو ترك ذلك لغير عذر عاد الإستحقاق

    11.    Jika suami telah mengetahui (tentang taslimnya isteri) dan telah datang atau menyuruh orang lain menrima taslimnya isteri atau dia tidak berbuat begitu dengan tidak aada halangan, isteri kembali haknya untuk mendapatkan nafkah. (I’anatut Thalibin IV : 84)

ويسقط بالنـــشوز قسمـــها ونفـقتها

    12.    Gugur nafkah dan giliran itu kepada isteri yang durhaka. (Bajuri II : 237)

ويجب بالملك نفقة للزوجة لحديث : ما حق زوجة الرجل عليه قال : تطعمها إذا طعمت وتكسوها إذا كــتست, رواه أبو داود والحاكم

    13.    Dan wajib memberi nafkah kepada isteri disebabkan memiliki, karena ada hadits : “Apakah hak isteri atas suaminya?”, Nabi menjawab : “Engkau memberi nafkah jika engkau makan dan engkau beri pakaian jika engkau berpakaian. Syarqawi II : 342)

يجب عليه لها المد إن لم تأكل عنده معه

    14.    Wajib atas suami untuk memberikan nafkah kepada isterinya menurut takaran mud yaitu jika isteri tidak makan disisi suaminya. (I’anatut Thalibin IV : 65)

فتطالبه بالتفاوت بين ما اكلته وبين كفايتها فى اكلها المعتاد

    15.    Maka si isteri minta kepada suami berapa kekurangan diantara yang telah dimakan dan kecukupannya dalam soal makan menurut ukuran biasa. (I’anatut Thalibin IV : 65)

ونفقة الزوجة الممكنة من نفسها واجبة على الزوج إلى أن قال : وهي المقدرة

    16.    Nafkah isteri (yang tamkin) wajib atas suami menurut kemampuannya. (Hamisy Bajuri II : 185)

وعلى المولود له رزقهن وكسوتهن بالمعروف

    17.    Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf. (Q.S. Al Baqarah : 233)

ونفقة المعتدة إن كانت رجعية لبقاء حبس الزوج عليها وبسلطنته

    18.    Dan wajib nafkah pada perempuan dalam iddah karena talak raj’i, sebab ia masih tetap menjadi tanggungan bekas suaminya dan amsih tetap kekuasaan suaminya juga. (Syarqawi Tahrir IV : 349)

وجب النفقة أيضا بمطلقة حامل بائن بالطلاق الثلاث أو الخلع

    19.    Diwajibkan kepada memberikan nafkah kepada bekas isterinya yang ditalak dalam keadaan keadaan hamil dengan talak bai’in yakni talak (I’anah : IV : 62)

وللمطلقات مــــتاع بالمعـــروف

    20.    Kepada wanita-wanita yang diceraikan  (hendaklah diberikan oleh suaminya), mut’ah (pemberian) menurut yang ma’ruf. (Q.S. Al Baqarah : 241)

ويجب للمعتدة الرجعية السكــنى والنفقة

    21.    Wajib diberikan kepada perempuan yang menjalani iddah raj’I yaitu tempat tinggal dan nafkah. (Al Iqna’ II : 118)

وللمعتدة الرجعية السكـنى والنفقة والكسوة

    22.    Bagi perempuan yang menjalani iddah raj’iyah mempunyai hak tempat tinggal, nafkah dan pakaian. (Al Iqna’ IV : 46)

وإنما تجب بالتمكـين يوما فيوم

    23.    Diwajibkan kepada suami memberikan nafkah tiap-tiap hari kepada isterinya. (Fathul Mu’in)

وتجب لرجعية حرة أو أمة حائل أو حامل المؤن من نفقة وكسوة وغيرهما لبقاء حبس الزوج لها الخ

    24.    Wajib bagi isteri yang mengalami talak raj’I diberikan nafkah dan pakaian selama masa idddah oleh bekas suaminya.

فإذا اظهر حملها ببـينة أو اعتراف الزوج أو تصديقا لها وجب دفع النفقة لها يوما ليوم اى كل يوم الخ. ولا تسقط نفقة العدة بمضى الزمان من غير انفاق الخ لأنها هي التى تنتفع بها فتصير دينا عليه لقوله تعالى : فانفقوا عليهن حتى يضعن حملهن

    25.    Bila ternyata hamilnya bekas isteri itu, kenyataan hamil itu baik disertai dengan saksi-saksi atau dengan pengakuan si suami, atau suami membenarkan kepada pengakuan isteri itu, maka wajiblah bagi bekas suami memberikan nafkah kepada bekas isteri tiap-tiap hari, dan tidaklah gugur kewajiban memberikan nafkah itu selama dalam iddah karena berlalunya suatu masa kecuali yang tidak disepakati. Karena nafkah tersebut adalah kepentingan bagi si isteri, maka menjadi hutang/tanggungan bagi suami sesuai dengan firman Allah : “Berikan olehmu nafkah perempuan-perempuan yang hamil itu sehingga mereka melahirkan anak. (Mughnil Muhtaj)

أن رسول الله صلعم قال : إنما السكنى والنفقة لزوجها عليها الرجعة وهذ القولروى عن عمر بن عباس وجابر وابن عبد الله

    26.    Rasulullah saw bersabda : Memberikan tempat tinggal dan nafkah wajib bagi suami yang mempunyai hak ruju’ pada isterinya. (Bidayatul Mujtahid II : 95)

واحتجوا الأصل التفاوت بقوله تعالى : لينفق ذو سعة من سعته

    27.    Supaya memberi nafkah orang/suami yang mempunyai kekayaan menurut kemampuannya. (Mughnil Muhtaj : 392)

إن النفقة العدة يجب للزوجة المطلقة رجعيا حرة كان أو أمة والمراد بالنفقة ما يشتمل الأطعام أو الكسوة والمسكنة

    28.    Bahwasannya nafkah dalam masa iddah itu wajib diberikan oleh bekas suami dari isteri yang ditalak raj’I oleh suaminya, baik isteri itu termasuk orsng yang merdeka atau budak. Adapun yang dimaksud nafkah ialah sesuatu yang berhubungan dengan makanan, pakaian dan tempat tinggal. (Al Fiqh Ala Madzahibil Arba’ah IV : 576)

إن المرأة إذا سلمت نفسها إلى الزوج على الوجه الواجب عليها فلها عليه جميع حاجتها من مأكول ومشروب وملبوس ومسكن

    29.    Bahwa si isteri bilang menyerahkan dirinya pada suami sebagaimana yang diwajibkan kepadanya, maka dia berhak mendapat semua keperluannya yang terdiri dari makanan, minuman, pakaian serta tempat kediaman. (Al Mughni was Syarhul Kabir IX : 230)

وعليه لها ما تحتاج اليه بالنوم من الفراش واللحاف والوسادة كل على حسب عادته فإن كانت ممن عادته النوم فى الاكسية والبساط فعليه لها لنومها

    30.    Bagi si isteri berhak meminta (untuk dimilikinya) kepada suami semua kebutuhan-kebutuhan tidur/kasur, yang terdiri dari tempat tidur (kasur), sprei, bantal menurut adat kebiasaan setempat, dan jika kebiasaan tidur dengan kelambu dan permadani, juga wajib bagi si suami mengadakannya untuk keperluan tidur. (Al Mughni Ibn Qudamah IX : 236)

ولا اثر لزناها وإن حملت لأنها لا يمنع الإستمتاع بها

    31.    Tidak menjatuhkan hak nafkah bagi si isteri karena perbuatan zinanya sekalipun sampai hamil, karena tidak menghalangi bersenang-senang dengan si isteri. (At Tuhfah VIII : 326)

ومثل ناشزة فى عدم النفقة المحبوسة ظلما أو بحق فلا نفقة لها وإن كان حابس لها هو الزوج

    32.    Seperti hukumnya orang yang durhaka dalam hal tidak wajib nafkah, termasuk orang yang ditahan (dipenjara) maupu karena terfitnah  ataupun tidak terfitnah, maka tidak wajib bagi suami memberi nafkah kepada isteri sekalipun yang menahannya (isteri) suaminya sendiri. (Bajuri Ibn Qasim II : 189)

ويجب للمعتدة الرجعية السكنى والنفقة ويجب للبائن السكنى دون النفقة إلا أن تكون حاملا

    33.    Dan wajib bagi perempuan yang ditalak raj’i selama menjalani iddah mendapatkan tempat tinggal dan nafkah dari suaminya, dan perempuan yang ditalak bain berhak mendapatkan tempat tinggal tanpa nafkah, kecuali jika si perempuan itu hamil. (Fathul Qarib : 34)

ونفقة الزوجة الممكنة عن نفسها واجبة على الزوج

    34.    Nafkah bagi isteri yang mau menyerahkan dirinya wajib bagi suami memberikannya. (Bajuri II : 205)

وإن غاب بعد تمكينها ووجوب نفقتها عليه لم تسقط عنه بل تجب عليه فى زمن غيبته لأنها استحق النفقة بالتمكين

    35.    Jika si suami yang meninggalkan isteri, setelah isteri menyerahkan dirinya, maka wajib nafkah sebelumnya, maka tidak gugur kewajiban nafkah tersebut, bahkan wajib bagi suami membayar nafkah selama dia meninggalkan isterinya, karena si isteri tetap dalam tamkin. (Mughni wa Syaikhul Kabir Ibn Qudamah)

ومن وجبت عليه نفقته بالقرابة وجبت نفقته على قدر الكفايةوإن مضت ولم ينفق على من تلزمه نفقته من الأقارب لم يصر دينا عليه

    36.    Barang siapa diwajibkan padanya memberi nafkah karena ada hubungan kerabat, maka wajib memberikan nafkah menurut kemampuannya, dan bila masanya sudah berlalu dan orang yang diwajibkan memberi nafkah itu kepada kerabatnya tersebut, maka nafkah itu tidak menjadi hutang baginya. (Al Muhadzab II : 189)

إذا طلق امرأته بعد الدخول  طلاقا رجعيا وجب لها السكنى والنفقة فى العدة

    37.    Apabila suami mencerai isteri sesudah duhul dengan thalaq raj’i maka isteri berhak mendapat tempat tinggal dan nafaqah semasa iddah. (Muhadzab II : 176)

ولهن عليكم رزقهن وكسوتهن بالمعروف

    38.    Mereka (isteri) punya hak nafakah dan pakaian dengan jalan yang baik. (Bughyatul Mustarsyidin : 228)

القاعدة : إن ما كان تمليكا كالنفقة والكسوة والأوانى يراعى فيه حال الزوج

    39.    Segala sesuatu yang merupakan milik, baik nafkah, pakaian, bejana, disesuaikan menurut keadaan si suami. (Iqna : 77)

وان كن اولات حمل فانفقوا عليهن حتى يضعن حملهن

    40.    Dan jika mereka (isteri-isteri yang sudah dithalaq) itu perempuan-perempuan yang sudah hamil, maka berikanlah kepada mereka nafkahnya sampai mereka bersalin. (Al-Qur’an, At Thalaq : 6)

فإن النفقة لا تجب بالعقد بل بالتمكين

    41.    Nafkah tidak wajib karena aqad juga karena tamkin. (Al Anwar II : 226)

إن شرط فى النكاح شرط يخالف مقتضاه ولم يحل بمقصوده الأصلى كشرط أن لا نفقة لها صح النكاح وقصد الشرط لأنه مخالف لموجب العقد

    42.    Jika dalam nikah ada syarat yang bertentangan tujuannya yang pokok seperti syarat tidak memberi nafkah untuk isteri, maka syaratnya batal dan nikahnya tetap sah. (Fatawal Kubra III : 363)

ونفقة الزوجة الممكنة من نفسها واجبة على الزوج ولما اختلف نفقة الزوجة بحسب حال الزوج بين الضعف ذلك فى قوله وهي مقدرة فإن الزوج موسرا فمدان من طعام واجبات عليه مل يوم مع ليلته

    43.    Dan nafkah isteri itu yang telah menyerahkan dirinya wajib atas suami, dan kalau terdapat perbedaan maka disesuaikan menurut kadar kemampuannya. Jika suami dalam ketiadaan makawajib memberi dua mud tiap-tiap hari dan malam. (Al Bajuri II : 189)

وإن كان معسرا فمد وما يــتأدم به المعسرون

    44.    Apabila suami tidak mampu, maka nafkah isteri adalah satu mud dengan lauk pauk yang biasa untuk orang yang tidak cukup. (Kifayatul Akhyar : 89)

الحقوق الواجبة للزوج على زوجته أربعة : طاعته ومعاشرته بالمعروف وتسليمها نفسها اليه وملازمتها المسكن

    45.    hak suami terhadap isteri ada empat (yang dapat menimbulkan kewajiban bagi suami) : 1) Ketaatan pihak isteri, 2) Sikap yang baik dari isteri, 3) Penyerahan diri, 4) Menempati tempat yang disediakan oleh suami. (Bughyah : 215)

وتلزم نفقة الزوجة بالتسليم الــتام ليلا ونهارا

    46.    Pihak isteri berhak mendapat nafkah apabila telah menyerahkan diri, baik siang maupun malam. (Bughyah : 240)

وإن امتنعت من تسليم نفسها ومكنت من استمتاع دون استمتاع أو فى منزل دون منزل أو فى بلد لم تجب النفقة لأنه لم يوجد التمكين التام

    47.    Apabila pihak isteri menolak untuk menyerahkan dirinya, walaupun menerima hal-hal yang lain, baik bersenang-senang, atau rumah yang disediakan atau daerah yang ditunjuk suami, maka dia tak berhak mendapat harta, sebab belum tamkin yang sempurna. (Al Muhadzab II : 170)

فإن كان مـتوسطا لــزمه ونصفه

    48.    Apabila keadaan suami cukup, maka nafkah isteri adalah satu setengah mud. (Al Muhadzab II : 172)

ولو أكلت مع الزوج على العادة سقطت نفقتها على الأصح

    49.    Apabila pihak isteri makan campur dengan suami sebagaimana biasanya, maka gugur hak nafkahnya. (Bujairimi Iqna’ IV : 74)

فإن أكلت معه دون الكـفاية وجب لها تمام الكفـاية على الأوجه وتصدق هي فى قدر ما أكلته

    50.    Apabila pihak isteri makan campur dengan pihak suami tetapi tidak mencukupi jumlahnya, maka pihak isteri meminta kekurangannya. Pengakuan isteri tentang bahan yang dimakannya dapat diterima. (Fathul Mu’in : 64)

وقال عليه الصلاة والسلام لزوجة أبى سفيان فى الحديث المشهور : خذى ماله بالمعروف ما يكفيك ويكفى بنيك

    51.    Nabi Muhammad saw bersabda kepada isteri Abu Sufyan di dalam hadits masyhur : “Ambillah dari harta suamimu yang mencukupi dirimu dan anakmu”. (Kifayatul Akhyar II : 136)

تجب النفقة البائن الحامل وهي كنفقة الزوج فى التقدير وغيره وتصير دينا على الزوج إذا ترك الإنفاق

    52.    Wajib atas suami memberi nafkah kepada isteri yang telah ditalak bain dalam keadaan hamil, ketentuannya sama dengan memberi nafkah kepada isteri yang belum cerai dan menjadi hutang bagi suami apabila tidak diberikan nafkah tersebut. (Bughyatul Musytarsyidin : 278)

لينفق ذو سعة من سعته ومن قدر عليه رزقه فلينفق مما آتاه الله لا يكلف الله نفسا الا مآ اتيها

    53.    Orang yang mampu hendaknya memberi nafkah menurut kemampuannya dan orang yang disempitkan rizkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya, Allah tidak memikulkan beban seseorang melainkan sekedar apa yang telah diberikan kepadanya. (Q.S. At Thalaq : 2)

جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال إن معى دينارا فقال انفقه على نفسك فقال معى آخر فقال انفقه على اولادك

    54.    Telah datang seorang laki-laki kepada Rasulullah saw lalu ia berkata : “Sesungguhnya bersama aku ini ada beberapa dinar”. Rasulullah bersabda : “Belanjakanlah untuk dirimu”, orang tersebut berkata lagi : “Ada orang lagi beserta aku”, bersabda lagi Rasulullah saw : “Belanjakanlah untuk anakmu”. (Kifayatul Akhyar II : 126)

ولو امتنعت من النفقة لم تجب النفقة

    55.    Apabila pihak isteri menolak untuk pindah ke tempat tinggal pihak suami maka tidak wajib bagi suami memberi nafkah. (I’anah IV : 81)

وسفرها ولو بإذن الزوج سقط النفقة لخروجها عن قبضته

    56.    Kepergian pihak isteri walau dengan izin pihak suami dapat menggugurkan kewajiban nafkah. (Asnal Matholib III : 434)

والخامس كون النفقة مستقبلة فخرج مالو اعسر بالنفقة الماضية

    57.    Keadaan nafkah pada masa mendatang tidak boleh dihubungkan dengan kesulitan masa lalu. (I’anah IV : 86)

وتجب المؤن من حين التسليم

    58.    Nafkah wajib atas suami sesudah isteri menyerahkan dirinya. (I’anah IV : 84)

فإن غاب عن بلدها قبل عرضها عليه ورفعت الأمر إلى الحاكم مظهرة له التسليم كتب الحاكم لحاكم بلد الزوج ليعلمه بالحال فيجيئ أو يوكل فإن لم يفعل شئا فى الأمرين ومضى زمن إمكان وصوله فرضها القاضى فى ماله من حين إمكان وصوله

    59.    Apabila si suami itu pergi dari negerinya serta isterinya belum menyerahkan dirinya kepada suami dan isteri mengadukan halnya kepada hakim serta menyatakan taslim kepadanya (suami), maka hakim mengirimkan surat kepada hakim negeri suami dan memberitahukan hal tersebut, kemudian suami datang atau mewakilkan kepada orang lain apabila suami tidak menjalankan salah satu dari kedua jalan tersebut di atas dan telah lampau waktu imkan datang, maka hakim memberi kepastian nafkah bagi isteri dalam harta benda suaminya mulai waktu imkannya datang. (Iqna’ IV : 69)

1 komentar: