Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (HIBAH)


H I B A H

الهبة تمليك عين بلا عوض بإيجاب وقبول اى لفظا أو إشارة

    1.        Yang dimaksud hibah ialah menyerahkan hak milik tanpa imbalan dengan disertai ijab qabul baik berupa ucapan maupun berupa isyarat. (I’anatut Thalibin III : 142)

لا يحل لرجل مسلم أن يعطي العطية ثم يرجع فيها إلا الوالد فيما يعطى ولده

    2.        Tidak halal bagi seorang laki-laki menarik kembali sesuatu pemberian kepada siapapun kecuali orang tua yang menarik kembali pemberian kepada anaknya. (Subulus Salam III : 86)

التبرعات المعلقة بالموت معتبرة من الثلث

    3.        Pemberian dari seseorang yang digantungkan dengan kematian diteruskan sepertiganya. (Al Anwar III : 16)

قال أبو الخطاب : إذا مات الواهب قام وارثه مقامه فى الإذن والقبض والفسخ وهذا يدل على أن الهبة لا تنفسخ بموته, وهذا قول أكثر أصحاب الشافعى

    4.        Menurut pendap[at Abu Khathab dan kebanyakan Sahabat Syafi’i, apabila seorang mati/penghibah, maka ahli warislah yang bertindak selaku memberikan izin untuk menerima hibah tersebut kepada yang diberi, ini menunjukkan bahwa hibah tidak batal karena meninggalkan penghibah. (Al Mughni Ibn Qudamah VI : 250)

سقوط القبض إذا كان الموهب فى يد المتهب

    5.        Gugur serah terima apabila sesuatu yang diberikan itu telah berada di tangan yang memberi. (Al Mughni IV : 250)

ولا يصح الهبة إلا بإيجاب وقبول لفظا

    6.        Tidak sah hibah kecuali dengan ijab dan qabul yang diucapkan. (Al Bajuri II : 62)

والموهوب الرجوع قبل الإذن

    7.        Bagi si pemberi boleh menarik kembali pemberiannya sebelum diizinkan.

ظاهر الحديث فلو فضل لبعضهم أو هو وهب لبعضهم الآخر : فمذهب الشافعى ومالك وأبى حنيفة أنه مكروه وليس بحرام, والهبة صحيحة إهى

    8.         Menurut dlahirnya hadits (hadits Nu’man) jika sebagian mereka dilebihkan pemberiannya dari yang lain, maka menurut pendapat Syafi’i, Maliki dan Abu Hanifah hukumnya makruh bukan haram dan pemberian itu sah. (Syarah Muslim II : 66)

مذهب الجمهور إلى أن التسوية مستحبة, فإن فضل بعضا صح وكره

    9.        Golongan terbanyak berpendapat bahwa pemberian secara sama rata adalah sunnat, jika dilebihkan pemberian itu kepada salah seorang dari yang lain adalah sah dan hukumnya makruh. (Fathul Bari V : 163)

ويسن للوالد وإن علا العدل فى عطية أولاده بأن يستوى بين الذكر والأنثى لخبر الصحيحين عن النعمان بن بشير

    10.    Sunnat bagi bapak dan seterusnya garis lurus ke atas berlaku adail dalam pemberian kepada anak-anaknya, dengan menyamaratakan antara laki-laki dan perempuan, sesuai dengan hadits Bukhari dan Muslim dari Nu’man bin Basyir. (Nughnil Muhtaj V : 401)

لا تجب التسوية فى عطية الأولاد سوآء كانت هبة أو صدقة أو هبة أو تبرع آخر

    11.    Tidak wajib dalam pemberian kepada anak secara sama rata baik pemberian itu bersifat hibah maupun sedekah atau hadiah atau sosial lainnya. (Bughyatul Musytarsyidin : 177)

ويسن للوالد وإن علا العدل فى عطية أولاده بأن يستوي بين الذكر والإناث فيها وكذا سائر وجوه الأكرم حتى فى القبيل والبشاشة لخبر البخارى : اتقوا الله اعدلوا بين أولادكم

    12.    Sunnat bagi bapak dan seterusnya garis lurus ke atas berlaku adail dalam pemberian kepada anak-anaknya, dengan menyamaratakan antara laki-laki dan perempuan. Demikian juga dalam bentuk penghormatan kepada mereka seperti mencium, bermulut manis sesuai dengan hadits Al Bukhari (Takutlah kepada Allah dan berlakulah adil terhadap anak-anakmu). (Al Bajuri II : 51)

قال النبى صلى الله عليه وسلم : اعدلوا بين أولادكم فى العطية أو الهدية أو الصدقة

    13.    Berlaku adillah kamu terhadap anak-anakmu dalam pemberian baik terhadap hibah atau hadiah maupun sadaqah. (Al Qasthalani  VI : 343}

وأركانها بالمعنى الخاص أركان البيع فهي ثلاثة اجمالا: عاقد وموهوب وصيغة

    14.    Rukun hibah dalam pengertian khusus sama dengan rukun jual beli yaitu ada tiga : pemberi hibah, benda yang dihibahkan, ijab qabul. (I’anatut Thalibin III : 41)

ولللأصل رجوع فيما وهب لفرع

    15.    Orang tua dapat menarik kembali hibah yang telah diserahkan untuk anaknya. (I’anatut Thalibin  III : 145)

فأن وهب لغير الولد وولد الولد شيئا وأقبضه لم يملك الرجوع لما روى ابن عمر وابن عباس رفعاه إلى النبى صلعم, لايحل لرجل أن يعطي العطية فيرجع فيها إلا الولد فيما أعطى ولده وإن وهبه للولد أو ولد الولد وإن سفل جاز له أن يرجع

    16.    Hibah yang sudah diserahkan kepada orang lain selain anak atau cucu tidak dapat ditarik kembali berdasarkan riwayat Ibn Umar dan Ibn Abbas yang disandarkan kepada Nabi : Tidak halal seseorang menarik kembali pemberiannya kecuali pemberian ayah kepada anaknya, jika ayah menghibahkan sesuatu kepada cucunya sampai garis lurus ke bawah boleh ditarik kembali. (Al Muhadzab I : 447)

وما جاز بيعه من الأعيان جاز هبته لأنه عقد يقصد به ملك العين فملك به ما يملك بالبيع

    17.    Sesuatu yang boleh diperjual belikan dari benda-benda boleh juga dihibahkan, karena hibah itu merupakan suatu akad dengan maksud memiliki suatu benda, maka benda yang dihibahkan itu menjadi hak milik seperti memiliki benda yang diperjual belikan. (Al Mughni Ibn Qudamah VI : 250)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar