Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (PERSETUJUAN TALAK, TA'LIK TALAK, PENGESAHAN TALAK, TALAK KHUL'I)


PERSETUJUAN TALAK, TA’LIK TALAK, PENGESAHAN TALAK, TALAK KHUL’I

الطلاق مرتان فامساك بمعروف او تسريح باحسان

    1.        Talak (yang dapat dirujuk) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik. (Q.S. Al Baqarah : 229)

فان طلقها فلا تحل له من بعد حتى تنكح زوجاغيره

    2.        Kemudian jika si suami mentalaknya (sesudah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya sampai dia kawin dengan suami yang lain. (Q.S. Al Baqarah : 23)

فاذا قال خلالفطه عن صيغة معاوضة حمل لفطه على ما ينفرد به اى على ابقاعه الطلاق

    3.        Apabila ucapannya tidak megandung sighat mu;awadlah, maka harus diartikan tersendiri yaitu jatuhnya talak. (At Tuhfah VII : 487)

وطلقها طلاقا وقع رجعيا

    4.        Dan cerai secara mutlak itu, jatuhlah talak raj’i. (Al Anwar II : 106)

إذا شك فى الطلاق لم يحكم بوقوعه وكذالو شك فى وجود الصفة المعلقة عليها

    5.        Apabila ragu dalam hal talak, tidak ditetapkan jatuhnya talak. Begitu pula apabila ragu tentang adanya keadaan yang ditunjuk sebagai syarat jatuhnya talak (tidak ditetapkan jatuhnya talak). (Al Anwar II : 138)

لو قال لها طلقى نفسك إن شئت فهو تمليك الطلاق لا توكيل لذلك فيشترط تطليقها فورا

    6.        Apabila suami berkata kepada isterinya : Talaklah dirimu sendiri jika engkau mau, hal yang demikian ini berarti suami menyerahkan hak talaknya bukan mewakilkan talak, maka syarat sahnya ialah isteri tersebut mentalak dirinya sendiri dengan segera. (I’anatut Talibin IV : 21)

ولا طريق للرجوع عن الطلاق المعلق بل يقع عند وجود الصفة

    7.        Tidak ada jalan untuk menarik kembali talak yang bersyarat, talak itu jatuh kalau keadaan yang disyaratkan itu ternyata ada. (Bughyatul Musytarsyidin : 231)

لأن الإعتبار بالطلاق فىالزوج لماروى البيهقى أن النبي صلعم قال : الطلاق بالرجال والعدة بالنساء ولا يحرم جمع التطليقات

    8.        Menjatuhkan talak adalah hak suami sesuai dengan riwayat Al Baihaqi bahwa nabi SAW bersabda : Cerai itu dari pihak laki-laki dan iddah dari pihak perempuan, tidak dilarang mengumpulkan beberapa talak. (Al Iqna III : 401)

ثلاث جدهن جد وهزلهن جد : النكاح والطلاق والرجعة

    9.        Tiga hal yang kesungguhannya menjadi benar-benar sungguh-sunguh dan bermain dengannya tetap menjadi sungguh : nikah, talak dan rujuk. (Subulus Salam III : 273)

والأحاديث دلت على وقوع الطلاق من الهازل

    10.    Hadits tersebut menunjukkan jatuhnya talak dari orang yang bermain dengannya. (Subulus Salam III : 274)

وترجمة الكلاق ولو ممن أحسن العربية بالعجمية وهي ماسوى العربية صريح على المذهب لشهرة استعمالها عندهم

    11.    Terjemahan kata : talak dengan bahasa lain selain arab tetap sebagai talak sharih menurut mazhab (As Syafi’i), dengan demikian talaknya jatuh talak sharih. “Jatuhnya talak seseorang dengan terang perkataannya” (Al Mahally III : 323)

فالصريح ثلاثة الفاظ : الطلاق والفراق والسراح فلا يفتقر صريح الطلاق إلى النية

    12.    Kata-kata talak sharih itu tiga macam ialah : thalaq, firaq dan sharih thalaq (ketiganya talak sharih) tidak perlu dengan niat. (Kifayatul Akhyar II : 84)

أنه إذا أقر بالطلاق صار إنشاء

    13.    bahwa sesungguhnya apabila ada seorang yang mengaku telah mencerai isterinya maka jadilah talak itu jatuh mulai ia mengatakan pengakuannya itu. (Al Asybah wan Nado’ir II : 262)

إنما يثبت الطلاق كالإقرار به بشهادة رجلين حرين عدلين

    14.    Tentang sahnya talak harus ikrar dihadapan dua orang saksi yang hadir. (I’anatut Thalibin III : 27)

يصح الطلاق من كل زوج بالغ عاقل مختار

    15.    Sah talaknya tiap-tiap seorang suami yang sudah aqil baligh dengan sesukanya sendiri. (Al Muhadzab II : 82)

إنما يقع لغير بائن ولو رجعية لم تنقض عدتها إلى قوله طلاق مختار مكلف

    16.    Dapat jatuh talak si suami yang mukallaf serta dengan kehendak sendiri atas si isteri yang tidak bain. (I’anatut Thalibin IV : 4)

إنما يثبت الطلاق على الزوج المنكرله كالإقرار به بشهادة رجلين حرين عدلين

    17.    Pasti (tetap) jatuhnya talak si suami (yang diingkarinya) yang denga disaksikan oleh beberapa saksi, sama halnya dengan ikrar talak dengan kesaksian dua orang saksi. (I’anatut Thalibin IV : 67)

لو كتب صؤيح كتاب أو كناية ولم ينو ايقاع الطلاق فلغو مالم يتلفظ حال المـتابة أو بعدها

    18.    Apabila seseorang menulis dengan terang talak itu atau kinayah sedang menulisnya itu tidak dengan niat menjatuhkan talak dan/atau tulisan tersebut tidak dibacanya, maka yang demikian itu tidak berfaedah. (I’anatut Thalibin IV : 16)

فإذا قال لإمرأة أنت طالق أو طلقتك أو أنت مطلقة .. الخ وقع الطلاق

    19.    Jika seorang suami mengucapkan kata-kata kepada isterinya : “Engkau adalah orang yang lepas atau aku melepaskan engkau atau engkau adalah orang yang dilepaskan dan seterusnya”, maka jatuhlah talaknya. (Al Muhadzab II : 81)

وإذا اشتد عدم رغبة الزوجة لزوجها طلق عليه القاضى طلقة

    20.    Apabila  isteri sudah sangat tidak senang terhadap suaminya, maka hakim boleh menjatuhkan talak si suami.

لايثبت الطلاق منجزا أو معلقا إلا بشهادة رجلين سمعا لفظه من الزوج

    21.    Belum lagi tetap talak itu, kecuali dengan dua orang saksi yang mendengarkan ucapan talak itu dari suaminya. (Bughyatul Musytarsyidin : 223)

ويقع بكناية وهي ما يحتمل الطلاق وغيره إن كانت مع نــية

    22.    Jatuh talak dengan kinayah yaitu apa yang mungkin untuk menjadikan talak. (I’anatut Thalibin IV : 12)

ويقع الطلاق منجزا كأنت طالق

    23.    Dan jatuh talak munajjaz, seperti engkau tertalak. (Syarqawy Tahrir II : 301)

إذا كرهت المرأة زوجها لقبح منظر أوسوء معاشرة وخافت أن لاتؤدى حقه جازت أن تخالعه علىعوض لقوله عزوجل : وان خفتم الا يقيماحدود الله فلا جناح عليها فيما افتدت به

    24.    Apabila isteri tidak lagi cinta kepada suaminya karena jelek/gila atau karena tidak baik didalam pergaulan, sedangkan si isteri khawatirtidak dapat menutupi hak-haknya (suami), maka bagi si isteri diperbolehkan khulu’ dengan membayar uang iwadl (Al Muhadzab II : 75)

ولو قال لأخر : أطلقت زوجتك ملتمسا الإتشاء فقال نعم أو إي وقع وكان صريحا

    25.    Apabila seorang berkata kepada orang lain dengan maksud minta penjelasan : “Betulkah engkau mentalak isterimu?” Kemudian orang itu menjawab : “Betul” atau “Ya”, maka jatuhlah talaknya orang tersebut kepada isterinya dan talak itu terang (bukan kinayah). (I’anatut Thalibin IV : 10)

(فرع) تلفظ بالطلاق ثم قال كنت مكرها وانكرت المرأة لايقبل إلا أن يكون محبوسا أو كان هناك قرينة اخرى فيقبل

    26.    Jikalau suami menjatuhkan talaknya kemudian suami itu berkata bahwa dia dipaksa, sedangkan isterinya mungkir, maka perkataan si suami itu tidak diterima, kecuali jika (ada paksaan dengan) dipenjara atau terdapat qarinah lainnya. (Kifayatul Akhyar II : 141)

ولو قال لها أنت طالق ثلاثا إلا أقل الطلاق وقع الثلاث

    27.    Jika seorang berkata kepada isterinya : “Engkau tertalak tiga, kecuali sekurang-kurangnya talak, maka talaknya tetap jatuh talak tiga. (Al Bajuri II : 141)

واذا طلق الرجل زوجته ثلاثا دفعة واحدة بأن قال لها : أنت طالق ثلاثا لزمه ما نطق به من العدد فى المذاهب الأربعة وهو رأى الجمهور

    28.    Fatwa Biro Peradilan Agama : Talak tiga yang dijatuhkan sekaligus tetap jatuh tiga. (Al Fiqh Ala Mazahib Al Arba’ah IV)

تخاصم هو وزوجـته بمحضر جمع فطلقها حياء الخوقع

    29.    Suami bertengkar dengan isterinya di hadapan orang banyak, kemudian suami tersebut menjatuhkan talak kepada isterinya karena marah dan seterusnya, maka jatuhlah talaknya. (Bughyatul Musytarsyidin : 215)

الإقرار فى حال الصحة والمرض ولو خوفا سواء فى الصحة

    30.    Ikrar dalam keadaan sehat dan sakit walaupun sakit yang mengha-watirkan itu sama dalam sahnya ikrar. (Iqna II : 119)

ويصح الخلـع بلفظ الخلـع والطلاق

    31.    Sah khulu’ dengan lafaz khul’i atau talak. (Al Muhadzab II : 72)

السائـــل معاد فى الجــواب

    32.    Pertanyaan itu dikembalikan kepada jawabannya. (Al Asybah wan Nadzair : 97)

إن الطلاق ثبت باقراره

    33.    Sesungguhnya talak itu tetap dengan pengakuannya. (I’anatut Thalibin IV : 251)

أو قصد أنه طلق امس وهى الآن متعمدة حلف فيصدق فى ذلك عملا بالظاهر وتكون عدتها فى الــثانية من امس

    34.    Si suami sengaja mentalaknya waktu kemaren dan isteri sekarang telah iddah, maka disumpah kemudian dibenarkan keduanya karena mengamalkan lahirnya dan iddahnya isteri dalam masalah kedua dari waktu kemaren. (Bujairimi Fathul Wahhab)

شرط وقوع الطلاق الولاية على المحل كالزوجية

    35.    Syarat jatuhnya talak adalah menguasai tempatnya seperti hal suami isteri. (Kifayatul Akhyar II : 96)

أما الفرقة بلفظ الطلاق بعوض فطلاق ينقص العدد مطلقا قطعا

    36.    Adapun perceraian dengan lafaz talak disertai iwadl adalah talak yang dapat mengurangi bilangan dengan pasti. (Tuhfah VI : 533)

وهى اربعة : الواجب وهو على الموالى يفئ وعند شقاق اذا رأى الحكمان التفريق (قوله فى حال شقاق) للحاجة التى قطع ما بينها من الشر

    37.    Talak itu terbagi empat bagian : wajib, yaitu atas orang yang bersumpah ila’ jika tidak kembali wath’i dan pada waktu syiqaq tatkala hakamain memandang disahkan (perkataannya pada waktu syiqaq) karena hujjah kepada memutus apa yang terjadi diantar keduanya dari keburukan. (Al Anwar II : 110)

ولو كتب ناطق أو أحرس طلاقا وإن نواه الأظهر وقوعه

    38.    Apabila seorang yang mampu bicara atau seorang yang kelu menuliskan talak dengan niat mentalak, maka pada kenyataannya talaknya jatuh. (Tuhfah VIII : 21)

واتفقواإلى قولهوكذلك جمع الطلاق الثلاث يقع

    39.    Apabila talak tiga dijatuhkan bersama, maka jatuhlah talak tiga. (Mizanus Sya’rani II : 120)

كل لفظ هو صريح فترجمته صريحة بأي لسان كانت

    40.    Terjemahan lafaz talak yang sharih dalam bahasa apapun, tetap merupakan talak sharih. (Al Anwar II : 118)

والصريح مالا يتوقف على النية

    41.    Talak sharih adalah talak yang tidak memerlukan niat. (Al Anwar II : 188)

وإذا قال طلقتكإلى قولهوأطلق وقعت واحدة

    42.    Apabila suami berkata : “Saya cerai kamu” (secara mutlak), maka jatuh talak satu. (Al Anwar II : 131)

لو كـتب زوجتى طالقإلى قولهثم لم أنو الطلاق فإن قرأ ما كتب لم يقبل

    43.    Apabila suami menulis : “Isteriku saya ceraikan” kemudian dia berkata : “ saya tidak niatkan talak”, lalu dia membaca tulisan itu maka ucapan yang kedua ditalak. (Al Anwar II : 226)

إتفقوا على وقوع الطلاق الغضبان وإن ادعى زوال الشعور بالغضب

    44.    Ulama sepakat bahwa pernyataan thalaq orang yang sedang marah itu tetap jatuh, walaupun dia menyatakan bahwa dengan marahnya itu perasaannya hilang.(I’anatut Thalibin IV : 5)

ولو قال لحائض محبوسة أو نفساء أنت طالق للبدعة وقع فى الحال

    45.    Apabila suami berkata kepada isterinya yang sudah haid dan telah disetubuhi, atau kepada isteri yang nifas :”Engkau saya cerai” maka saat itu thalaqnya jatuh.(At Tuhfah VII : 80)

فإن جمع الثلاث أو اكـثر بكلمة واحدة وقع الثلاث

    46.    Mengucapkan thalaq tiga atau lebih dengan satu kamat, maka thalaq        tiga jatuh.(Al Muhadzab II : 84)

فإن فعلت كذا ففيه طلاقك أو فهو طلاقك

    47.    Apabila aku melakukan sesuatu perbuatan, maka hal itu berarti aku      menceraikan kamu.(I’anatut Thalibin IV : 9)

ويقع بكـناية مع النية مقترنة بأولها

    48.    Thalaq kinayah dapat jatuh apabila disertai niat pada mulanya. (I’anatut Thalibin IV : 19)

فإن نوى بالكـناية الطلاق وقع وإلا فلا

    49.    Apabila Thalaq kinayah disertai niat thalaq, maka jatuhlah thalaq, apabila tidak disertai dengan niat maka thalaq tidak jatuh. (Al Bajuri II : 146)

وذلك للخبر الصحيح أن ركانة طلق امرأته البتة ثم قال مااردت ألا واحدة فحلفه ص.م وردها اليه, دل أنه لو أراد مازاد عليها وقــع

    50.    Sesungguhnya Ruqanah menthalaq isterinya dengan thalaq habis, kemudian dia berkata, hanya thalaq satu yang saya maksudkan. Lalu Ruqanah disumpah oleh Rasulullah saw. Dan isterinya disuruh kembali kepada Ruqanah, hal ini menunjukkan, maka kalau niatnya lebih maka jatuh thalaq menurut bilangan thalaqnya. (I’anatut Thalibin IV : 19)

أنه إذا أقر بالطلاق صار إنشاء

    51.    Apabila suami ikrar, maka hal itu menjadi thalaq sharih. (Al Asybah wan Nadho’ir : 262)

وإن يتفرقا يغنى الله من سعته زكان الله واسعا حكيما

    52.    Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberi kedudukan kepada masing-masingnya dari limpahan Karunianya dan Allah Maha Luas (KurniaNya), lagi Maha Bijaksana. (Q.S  An Nisa : 130)

إنما يثبت الطلاق كالإقرار به بشهادة رخلين حرين عدلين إلى قوله ويشترط للأداء والقبول أن يسمعاه ويبصر المطلق حين النطق به

    53.    Talak sebagaimana juga dengan ikrar thalaq hanya dapat ditetapkan penyaksian dua orang laki-laki merdeka yang adil. Ada dan qabulnya harus didengar oleh kedua saksi, dan kedua saksi melihat pihak yang mencerai waktu mengucapkannya. (I’anatut Thalibin IV : 27)

جاء الرجل إلى النبى صلعم وقال : إن إمرأتى لا تمنع يدها للأمس قال : غربها قال : أخاف أن تتبعها نفسى قال: فاستمتع بها

    54.    Seorang laki-laki datang kepada Nabi w. Mengadu bahwa isteriku tidak mau menolak rayuan orang lain. Nabi berkata : Asingkan dia. Laki-laki itu menjawab : khawatir merindukannya. Nabi menjawab : Kalau begitu tetaplah bersenag-senang dengan dia.(Nailul Authar IV : 145)

فإن طلقها ثلاثا لم تحل له إلا بعد وجود خمس شرائـط

    55.    Apabila suami menceraikan isteri dengan thalaq tiga, tidak diperbolehkan kembali kepada isterinya, kecuali kalau telah memenuhi lima syarat. (Al Bajuri II : 157)

صريح العقود لا يحتاج الى النية بل الى قصد اللفظ بحروفه فى الجملة

    56.    Perikatan yang sharih tidak membutuhkan niat, hanya membutuhkan kesengajaan melepaskannya dalam suatu susunan kata. (Bughyatul Mustarsyidin : 176)

فإذا خلا لفظه من صيغة معاوضة حمل لفظه على ما ينفرض به اى على ايقاع الطلاق

    57.    Apabila lafznya tidak menggunakan sighat mu’awadlah, maka hal itu menunjukkan jatuhnya talak. (Tuhfah VII : 487)

طلبت الطلاق فرماها بشئ ثم اعادت الطلب ثانيا وثالثا واعاد هو الرمى لم يقع برميه المذكور شئ وإن نواه وتعارفه اهل جهته لأن إشارة الناطق وإن افهمت لا يقع بها شئ. ولو قالت هذه يعنى الرمى طلاقى فقال نعم لم يقع أيضا

    58.    Apabila seorang isteri meminta cerai lalu suaminya melemparkannya, demikian berulang dua kali, hal itu tidak berarti apa-apa walaupun dengan niat dan diketahui oleh keluarganya, sebab isyarat dari seorang yang mampu berbicara walau dengan niat tidak dianggap tindakan. Si isteri berkata : “Lemparanmu berarti cerai bagiku” dan suami menjawab : “Ya” itupun tidak jatuh talaknya. (Bughyatul Musytarsyidin : 228)

الطلاق بالرجال والعدة بالنــساء

    59.    Talak itu ada di pihak suami dan iddah di pihak isteri. (Iqna III : 402)

1 komentar:

  1. وإذا اشتد عدم رغبة الزوجة لزوجها طلق عليه القاضى طلقة
    diambil dari kitab apa ya? point 20.

    BalasHapus