Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (TEMPAT TINGGAL/PAKAIAN (MASKAWIN/KISWAH)


TEMPAT TINGGAL/PAKAIAN (MASKAN/KISWAH)

أسكنواهنّ من حيث سكنتم من وجـدكم ولاتضـاروهنّ لتضيـقوا عليـهنّ

    1.        Tempatkanlah mereka (para isteri) dimana kamu bertempat tinggal menurut kemampuannya dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka.

إذا طلّق إمـراءته بعـد الدخـول طلاقا رجـعيا وجـب لهـا السّـكنى والنّفـقة فىالعـدّة

    2.        Apabila suami mencerai isterinya yang telah disetubuhi dengan talak raj’i, maka dia harus menyediakan tempat tinggal dan nafkah selama masa iddah. (Al Muhadzab II : 176)

ويســقط النّــفـقة بمضى الزمـان بلا إنفـاق إلّانفـقة الزوجـة

    3.        Nafkah gugur apabila telah lewat waktu kecuali nafkah untuk isteri. (Syarqawi II : 212)

والسّـكن والخـادم وغـيرهما من نفـقة وادم وكسـوة وآلة تنـظـيف وغـيره تمـليـك بلاصيـغة كالكفــارة الحـرة التصـرف فيـها بأنواع التصـرفات

    4.        Tempat tinggal, pembantu dan selainnya dari nafkah, pakaian dan alat kebersihandan lain-lainnya adalah pemberian tanpa sughat seperti kafarat bebas untuk digunakan dengan bermacam-macam transaksi. (Bujairimi Fathul Wahhab IV : 105)

ومـا دام نفـقة وكسـوة ومنهـا الفـراش فلا يردّ عليـه وظـروف طـعـام ومنـه المـاء كمـا مـرّ وطاهـره أنّـه يعـتبر فىتلك الظـروف أن تكون لائـقـا بهـا ومشط ومـا فىمعـناه من آلات التـنظيـف و تمـليــك كالطـعام بجـامع مع الإسـتهلاك وإستحـلالهـا بأخـذه فيـشـترط كونـه ملكـه

    5.        Apa saja yang berupa nafkah dan pakaian seperti tempat tidur tidak dikembalikan kepada suami, jenis makanan dan lain-lainnya harus sesuai dengan keadaan pihak isteri. Juga beberapa sisir dan lain-lainnya adalah pemberian dari pihak suami yang dapat habis serta bebas digunakan, oleh sebab itu syaratnya adalah barang itu milik suami. (Nihayah II : 251)

قـوله : إلّا نفـقة الزوجـة أي مـاعدا المسـكن والخـادم فإنّهـا يسـقـطان بمـضى الزّمـان

    6.        Kata-kata : “Kecuali nafkah isteri”, maksudnya adalah selain jaminan tempat tinggal dan pelayan, sebab keduanya gugur karena sudah lewat waktu. Syarah Tahrir II : 351)

أمّـا المسـكن فيكون إمتـاعـا حـتّى يسـقـط بمـضي الزّمـان

    7.        Jaminan tempat tinggal adalah sebagai bekal yang gugur apabila lewat waktu. (i’anatut Thalibin IV : 72

ولـهـا مسـكن .. بهـا عـادة

    8.        Dan baginya tempat kediaman yang layak harus diadakan oleh si suami menurut adat setempat. Fathul Mu’in IV : 73)

وعـلى الزّوج مسـكنـهـا فى دار منـفردة

    9.        Pihak suami harus menempatkan isterinya di rumah sendiri. (Lisanul Hukkam : 129)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar