Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (LI'AN)


L I ‘ A N

والذيــن يرمون ازواجهم ولم يكن شهداء الا انفسهم فشهادة احدهم اربع شهادات بالله انه لمن الصادقين, والخامسة ان لعنة الله عليه ان كان من الكاذبين, ويدرؤ عنها العذاب ان تشهد اربع شهادات بالله انه لمن الكاذبين والخامسة ان غضب الله عليها ان كان من الصادقين

    1.        Dan orang-orang yang menuduh isterinya sedang mereka itu tidak mempubyai saksi kecuali dia sendiri, maka bukti-bikti dari masing-masing seami isteri itu ialah empat kali sempah kepada Allah, dansesungguhnya dia termasuk orang yang benar. Kemudian yang kelima : Semoga kutukan Allah akan menimpa kepadaanya apabila dia termasuk orang yang bohong. Dan isteri juga supaya bersumpah empat kali sumpah kepada Allah bahwa suaminya termasuk orang yang pembohong. Kelima ia harus mengucapkan semoga murka Allah akan menimpa padanya bila suaminya itu orang yang benar ucapannya. (Q.S. An Nur : 6-7)

وبه يلاعن للدفع

    2.        Dengannya dia meli’an untuk menolak (pengakuan anak). (Al Anwar II : 204)

وإنما يحتاج إلى تفي الولد حيث لحقه الولد لولا اللعان وذلك عند الإمكان

    3.        Dia menghendaki untuk tidak mengakui anak yang dihubungkan dengannya kalau tidak melakukan li’an. Hal itu dilakukan bila memungkinkan. (Al Anwar II : 204)

ولو أقر المقذوف بالزنا سقط الحد عن القاذف

    4.        Apabila pihak yang dituduh mengakui bahwa dia benar berzina, gugur had terhadap penuduh. (Al Anwar II : 329)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar