Minggu, 27 April 2014

BAB NIKAH (IDDAH)


I D D A H

واولات الأحمال اجلهن ان يضعن حملهن

    1.        Perempuan-perempuan yang mengandung iddah mereka sampai lahirnya anak yang dikandungnya. (Q.S. Ath Thalaq : 4)

الذين يتوفون منكم وييذرون ازواجا يتربصن بأنفسهن اربعة أشهر وعشرا

    2.        Orang-orang yang meninggal dunia diantaramu dengan meninggalkan isteri-isteri (hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinya (beriddah) empat bulan sepuluh hari. (Q.S. Al Baqarah : 234)

و المطلاقات يتربصن بأنفسهن ثلاثة قروء

    3.        Wanita-wanita yang ditalak hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali suci. (Q.S. Al Baqarah : 228)

واﻵئى يئسن من المحيض من نساءكم إن ارتبتم فعدتهن ثلاثة اشهر وا ئى لم يحضن

    4.        Dan perempuan-perempuan yang putus asa dari haid diantara perempuan-perempuan, jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya) maka iddah mereka adalah tiga bulan, dan begitu (pula) perempuan-perempuan. (Q.S. Ath Thalaq : 4)

…..ثم طلقتموهن من قبل أن تمسوهن فمالكم عليهن من عدة

    5.        Kemudian kamu ceraikan mereka sebelum kamu mencukupinya, maka sekali-kali tidak wajib atas mereka iddah bagimu. (Q.S. Al Ahzab : 49)

وتصدق بيمينها فى انقضاء العدة بغير الأشهر من إقراء أو وضع اذا أمكن وان أنكره الزوج

    6.        Diterima pengakuan pihak wanita dengan sumpah tentang habisnya masa iddah yang tidak dengan perhitungan bulan sperti quru’, melahirkan dan lain-lain bila hal itu mungkin kalau suami mengingkari. (I’anah IV : 31)

فمن طلقت طاهرا وقد بقي من الطهر لحظة إنقضت عدتها بالطعن فى الحيضة  الثالثة

    7.        Wanita yang dicerai dalam keadaan suci walau sebentar; iddahnya habis pada masa haid ketiga. (Fathul Mu’in : 116)

وتصدق المرأة فى دعوى انقضاء عدة بغير اشهر إن أمكن انقضاء بها على ما فى رحمها

    8.        Pengakuan tentang selesainya iddah (selain iddah dengan perhitungan bulan) diterima apabila selesainya itu mungkin.

ينعى بحليف المرأة على انقضاء العدةاى يجب عليه, فالمراد من الإنبغاء الوجوب كما يفيد عبارته فيما مر حيث جزم بذلك وهى تصدق بيمينها فى انقضاء العدة بغير أشه

    9.        Pengakuan tentang selesainya iddah harus dengan sumpah yakni hakim harus menyumpahnya, sebab maksud kata patut adalah wajib sesuai dengan kata-kata yang terdahulu yang menetapkan hal ini. Pihak wanita diterima pengakuan tetntang selesainya iddah (selain iddah dengan perhitungan bulan) dengan sumpah.

أن عمرابن الخطاب قضى فى المرأة إذا طلقت فارتفعت حيضتها إن عدتها ستة أشهر لحملها وثلاثة أشهر لعدتها

    10.    Bahwasannya Umar Ibn Khattab memutuskan bahwa apabilaseorang wanita diceraikan oleh suaminya lalu haidnya berhenti, maka iddahnya enam bulan karena hamil dan tiga bulan karena iddah. (Al Muhadzab II : 153)

وعن عمر فى امرأة المفقود تتربص أربع سنين ثم تعدد

    11.    Menurut pendapat Umar r.a tentang isteri seorang laki-laki yang mafqud, bahwa ia harus menunggu 4 tahun kemudian harus menjalani iddah 9 bulan 10 hari. (Subulus Salam III : 208)
وغير المتوفى عنها زوجها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل المنسوب


    12.    Perempuan yang tidak ditinggal mati suami, apabila (cerai) dalam keadaan hamil, iddahnya pada saat ia melahirkan bayi dari suami yang bersangkutan. (Al Bajuri II : 170)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar