FASAKH NIKAH
وإذا غاب
الزوج
عن
المرأة
وترك
شرط
المعاشرة
فرفعت
المرأة
إلى
الحاكم
فى
المضرات
فإذا
صرح
الشاهدان
لذلك
جاز
النسخ
بين
المرأة
وزوجها
1. Apabila suami meningalkan isteriya
dengan tidak memenuhi segala kewajibannya dan isteri mengajukan rasa keberatan
pada hakim, maka kalau ada dua orang saksi yang mengetahuinya maka boleh
difasakhkan perkawinan tersebut antara isteri dan suaminya. (Bughyatul
Musytarsyidin : )
واختار جمع
كثيرون
من
محققى
المتأخرين
فى
غائب
تعذر
تحصيل
النفقة
منه
الفسخ,
وقواه
ابن
الصلاح
2. Kebanyakan golongan muhaqqiq
mutaakhirin berpendapat dalam hal suami yang gaib/mafqud yang susah
menghasilkan nafkah dari padanya, maka boleh difasakh perkawinan tersebut,
pendapat ini dikuatkan oleh Ibn Sholah. (I’anatut Thalibin IV :
يجوز لزوجة
مكلفة
فسخ
نكاح
من
أعسر
بأقل
نفقة
3. Isteri yang mukallaf boleh ia memfasakh
perkawinannya dengan suaminya yang miskin dengan harta karena kurang nafkahnya. (I’anatut
Thalibin IV : 86)
ولا فسخ
باعسار
نفقة
ونحوها
أو
بمهر
قبل
ثبوت
اعساره
اى
الزوج
باقرارهأو
بـينة
تذكر
اعساره
الآن
ولا
تكفى
بـينة
ذكرت
انه
غاب
معسرا
ويجوز
للبـينة
الاعتماد
فى
الشهادة
على
الاستصحاب
حاله
غاب
عليها
4. Tidak boleh memfasakh nikah karena
kemelaratan suami memberi nafkah atau seumpamanya, atau dengan maskawinnya
sebelum ditetapkan kesulitan suami dengan pengakuannya atau dengan saksi yang
menyebutkan kemelaratan suami tersebut, dan tidak cukup saksi yang menyaksikan
bahwa suami itu telah gaib padahal melarat, dan diharuskan kepada saksi-saksi
berpegang kepada penyaksiannya berdasarkan keadaan sebelum dia gaib. (I’anatut
Thalibin IV : 90)
لو عجزت
المرأة
عن
بـينة
الاعسار
جاز
لها
الاستقلال
بالفسخ
5. Jika perempuan tidak sanggup mengadakan
saksi mengenai mu’sir suaminya, maka boleh baginya memfasakh nikah tersebut.
(I’anatut Thalibin IV : 90)
وقال الشيخ
عطية
المكى
فى
فتويه
: إذا
تعذر
القاضى
أو
تعذر
الاثبات
عنده
لفقد
الشهود
أو
غيبتهم
فلها
أن
تشهد
بالفسخ
وتفسخ
بنفسها
6. Menurut pendapat Syeh AL Maky dalam
fatwanya bahwa : apabila hakim berhalangan atau sukar menetapkan tenang
mu’sirnya suami karena saksi-saksi gaib atau memang tidak ada, maka bagi
perempuan boeh memfasakh dirinya sendiri. (I’anatut Thalibin IV : 92)
ورد الرجل
أيضا
(بالبناء
للمجهول)
اى
يثبت
للمرأة
فسخ
نكاحها
منه
بخمسة
عيوب
اى
بواحدة
منها
يقول
له
(بالجنون
والجذام)
كما
مر
وأشار
الى
ثلاثة
منها
بقوله
بالجنون
والجذام
والبرص
الخ
7. Dan ditolak seorang laki-laki yakni
ditetakan bagi perempuan untuk memfasakh nikahnya dari seorang laki-laki dengan
lima catatan atau salah satu diantaranya yaitu dengan perkataan gila, rematik
dan lain-lainnya. (Bujairimi Iqna’ III : 336)
وإنما تفسخ
بعجزه
عن
نفقة
المعسر
لأن
الضرر
إنما
يتحقق
حينئذ
8. Bahwasannya perempuan itu boleh
difasakhkan nikahnya oleh karena tidk mempunyai kesanggupan bagi suami untuk
memenuhi nafkahnya karena suami tersebut seorang mu’sir, sebab kemudaratan itu
nampak pada waktu itu. (Tuhfah V : 339)
أو وجدته
عنينا
أو
مجنونا
ثبت
الخيار
فى
فسخ
النكاح
9. Atau bilamana isteri mendapati suaminya
impoten atau gila, maka tetaplah si perempuan itu memiliki hak fasakh. (Sirajul
Wahhaj : 382)
إذا ثبت
اعسار
الغائبعد
حاكم
بلد
الزوجة
فى
ثلاثة
ايام
جاز
لها
الفسخ
10. Bilamana ditetapkan mengenai mu’sirnya
suami yang gaib oleh hakim negeri tempat berdomisilinya si isteri, maka
bolehlah fasakh itu dilaksanakan. (Fathul Mu’in IV : 92)
لو تعذر
تحصيل
النفقة
من
الزوج
فى
ثلاثة
ايام
جاز
لها
الفسخ
11. Apabila berhalangan (tidak sanggup) si
suami memberikan nafkah dalam tempo tiga hari, maka si isteri berhak memfasakh,
baik si suami itu ada ataupun dia gaib. (Bughyatul Musytarsyidin : 286)
فإن انقطع
خبره
ولا
مال
له
حضر
جاز
لها
الفسخ
لأنه
تعذر
واجبها
بانقطاع
خبره
لتعذره
بالاعسار
12. Apabila kabar tentang suami telah erputus
dan tidak mempunyai harta benda yang ada, maka isteri boleh difasakh karena
sukarnya untuk mendapatkan nafkah, ditetapkan oleh terputusnya kabar mengenai
suami tersebut, hal ini keadaannya sama dengan suami yang mu’sir. (I’anatut
Thalibin IV : 90)
وإذا ثبتت
اى
اقامت
بـينة عند حاكم بلدها
باعسار
غائب
فسخت
13. Jikalau isteri dapat membuktikan dengan
mengemukakan saksi dimuka hakim di negerinya bahwa suami yang gaib itu
termassuk orang yang melarat, maka isteri tersebut berhak difasakh.(Isnal
Matholib III : 438)
وتقبل دعوة
الجهل
بأصل
ثبوت
الخيار
14. Dan diterima pengakuan si isteri bahwa dia
tidak tahu tentang hal-hal yang menjadi pokok mengenai khiyar atau tidak tahu
tentang kemestian segera melaporkan kejadian penyakit gilanya si suami.
(I’anatut Thalibin III : 372)
العيوب المثبـتة للخيار فى فسخ
النكاح
سبعة
: جنون
ولو
منقطعا
15. Adapun aib-aib yang membolehkan fasakh
nikah ada 7 macam: diantaranya penyakit gila sekalipun temporer penyakitnya.
(Syarqawi II : 252)
إذا وجد
أحد
الزوجين
بالآخر
جنونا
– الى
قوله-
ولو
منقطعا
ثبت
للخيار
فى
فسخ
النكاح
16. Apabila terdapat salah seorang suami/isteri
berpenyakit gila, sekalipun penyakit itu terputus-putus (temporer), maka
isteri/suami boleh memfasakh nikahnya. (Tuhfah III : 179)
فإذا توافرت
شروط
الفسخ
– الى
قوله
– يفسخ
هو
اى
القاضى
17. Apabila syarat-syarat fasakh telah cukup,
maka hakim memfasakh pernikahan itu. (I’anatut Thalibin IV : 91)
ولا يصح
عقد
النكاح
لإمهال
فى
فسخ
نكاح
الغائب
18. Tidak diberi tempo karena gaib atau miskin.
(I’anatut Thalibin IV : 110)
فإذا توافرت
شروط
الفسخ
من
ملازمتها
المسكن
الذى
غاب
عنها
وهى
فيه
وعدم
صدور
نشوز
منها
… الخ
19. Apabila syarat-syarat fasakh sudah lengkap
yaitu pihak isteri tinggal di tempat yang ditentukan suami dan ia tidak
bersikap nusyuz.
فلا فسخ
– على
المعتمد
– بامتناع
غيره
موسرا
أو
متوسطا
من
الانفاق
حضر
أو
غاب
إلا
لمن
ينقطع
خبره
ولا
مال
له
حاضر
جاز
لها
الفسخ
لأنه
تعذر
واجبها
بانقطاع
خبره
لتعذره
بالإعسار
20. Tidak boleh difasakh karena menolak nafkah
orang yang kaya atau orang yang cukup, baik ia ada atau gaib, kecuali orang
yang putus beritanya. Apabila putus beritanya sedang ia tidak mempunyai harta
tunai, isteri boleh menuntut fasakh sebab suami tidak dapat melaksanakan
kewajiban, karena putus berita tersebut sama dengan alasan tidak mampu. (I;anatut
Thalibin IV : 90)
للزوجة المكلفة
فسخ
نكاح
من
أعسر
بأقل
نفقة
أو
كسوة
21. Boleh si isteri merusak pernikahan dari
suaminya, baik suami itu hadir maupun gaib dengan sembilan syarat : diantaranya
tidak mampu suami memberi nafkah seminimal mungkin, kiswah dan maskan dan
seterusnya. (Bughyatul Musytarsyidin : 221)
إذا أعسر
الزوج
بنفقة
المعسر
فلها
أن
تفسخ
النكاح
لما
روى
أبو
هريرة
أن
النبي
صلعم
قال
فى
الرجل
لا
يجد
ما
ينفق
على
امرأته
قال
يفرق
بينهما
22. Bila si suami tidak mampu memberikan nafkah
yang cukup, boleh bagi si isteri fasakh dari nikahnya. Diriwayatkan oleh Abi
Hurairah : sesungguhnya Nabi Muhammad saw telah bersabda : bahwasannya sang
suami yang tidak mampu memberi nafkah kepada isterinya, maka difasakh nikahnya
diantara kedua suami isteri itu. (Al Muhadzab II : 134)
يجوز لزوجة
مكلفة
اى
بالغة
عاقلة
لا
لولى
غير
مكلفة
فسخ
نكاح
من
اى
زوج
اعسر
مالا
وكسبا
لائقا
به
حلالا
بأقل
نفقة
تجب
23. Diperbolehkan kepada seorang isteri yang mukallaf
yakni aqil baligh selain kepada walinya isteri yang tidak mukallaf, melakukan
tuntutan fasakh nikah dari suaminya yang tidak memenuhi kewajibannya, baik dari
nafkah maupun kiswah dikarenakan kemiskinan atau kecil mata pencahariannya.
(I’anatut Thalibin IV : 86)
فإن انقطع
خبره
ولا
مال
له
حاضر
فلها
الفسخ
24. Maka jika seorang laki-laki telah putus
kabarnya dan tidak mempunyai harta tunai maka isterinya daat difasakh. Fathul
Wahhab IV : 118)
وإن وجدت
المرأة
زوجها
مجنونا
أو
مجذوما
أو
عنينا
ثبتت
لها
الخيار
25. Jika seorang isteri sudah nyata baginya
bahwa suaminya menderita sakit gila/ingatan, lepra, belang atau impoten atau
lemah syahwat, maka isteri boleh memilih antara merusak perkawinannya atau
meneruskannya. (Al Muhadzab II : 48)
فلكل من
الزوجين
الخيار
فورا
من
فسخ
النكاح
بما
وجد
من
العيوب
المذكورة
26. Tiap penyakit dari salah seorang suami
isteri, dapat memilih lekas-lekas rusaknya nikah, sebab dari penyakit/cacat
yang dideritanya itu sudah terdapat. (I’anatut Thalibin IV : 35)
وقضى رسول
الله
صلعم
فى
الرجل
لا
يجد
على
امرأته
نفقة
بأن
يفرق
بينهما
27. Rasulullah memberikan keputusan kepada
suami yang tidak dapat memberikan nafkah kepada isterinya itu supaya dipisahkan
daripada isterinya. Apabila suami itu telah putus kabarnya serta tidak ada
harta baginya, maka isterinya itu ada hak untuk meminta difasakh nikahnya.
(Subulus Salam III : 309)
وعن ابن
عباس
أن
جارية
بكرا
أتت
النبي
صلعم
أن
أباها
زوجها
وهي
كارهة
فتخيرها
رسول
الله
صلعم
28. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra :
bahwasannya seorang budak wanita menghadap kepada Nabi saw dan ia menerangkan
bahwa sesungguhnya ia telah dinikahkan oleh bapaknya, akan tetapi dia tidak
senang, maka Nabi menjawab : Boleh engkau pilih dua perkara, meneruskan atau
tidak meneruskan perkawinan tersebut. (Subulus Salam III : 134)
أما إذا
غاب
الزوج
معسرا
بما
ير
فلها
الفسخ
اتفاقا
بأن
ترفع
إلى
القاضى,
فإذا
أثبت
اعسار
الزوج
ببـينة
تشهد
أنه
معسرا
الآن
إلى
أن
قال
: فسخ
أو
إذن
بامهال
29. Apabila suami paergi padahal ia miskin
seperti apa yang diterangkan yang lalu maka dapat difasakhkan dengan ketentuan
mengajukan perkara tersebut kepada hakim, kalau hakim telah menentukan
kemiskinan suami yang pergi serta dikuatkan oleh saksi-saksi yang menyaklsikan
bahwa ia miskin pada waktu sekarang, maka hakaim memfasakh nikahnya atau
memberi izin kepada isteri itu untuk
fasakh sendiri dengan memakai tempo atau tidak memakai tempo. Fathul Wahab II :
124)
قوله : مالم
تشهد
باعساره
الآن
… الخ
فلو
شهدت
بذلك
بناء
على
الاستصحاب
جاز
لها
… وجاز
الفسخ
حينئذ
30. Maka apabila saksi telah menyaksikan
ketidakmampuannya, atas kaidah istishab (pengetahuan dari saksi semenjak dulu),
maka bolehlah bagi isteri memilih, dan tatkala dia tidak mengenal hilangnya
ketidakmampuan suami, maka boleh ketika itu juga fasakh nikah tersebut.
إذا قضى
الفسخ
بتعذر
النفقة
بالغيبة
والامتناع
شافعى
لترجيحه
عنده
لكونه
من
أهله
لأن
تضرر
المرأة
نفذ
ظاهرا
وكذا
باطنا
فلا
يجوز
نقضه
31. Apabila diputuskan fasakh karena tidak
dapat memberi nafkah sebab gaib dan atau menolak memberi nafkah, oleh hakim
yang beraliran Syafriyah, hal itu tidak boleh dibatalkan sebab mengakibatkan
siksaan pihak wanita lahir dan batin.
لا تفسخ
بمضى
إذا
سلمها
نفقة
اليوم
الرابع
لأن
ما
مضى
من
النفقة
صر
دينا
عليه
ولا
فسخ
بالإعسار
بالدين
32. Tidak boleh diputus fasakh hari-hari yang
telah lampau dengan syarat suami memenuhi nafkahnya (isterinya) pada hari
keempat, oleh karena nfakah pada hari yang lampau itu menjadi hutang bagi si
suami yang tidak boleh diputuskan fasakh tersebut dengan adanya hutang pada
masa lampau.
إذا ثبتت
اعسار
الغائب
عند
حاكم
بلد
الزوجة
جاز
الفسخ
إذا
صورته
أن
تشهد
البـينة
عنده
باعساره
فى
الحال
33. Tatkala sudah tetap tidak mempunyai suami
dimuka hakim negeri isterinya, maka boleh fasakh apabila dalam gambaran keadaan
tersebut disaksikan oleh saksi dimuka hakim tentang ketidakmampuan suami pada
waktu itu. (Fatawa Kubra IV : 209)
وإذا ثبتت
أو
أقامت
بـينة
عند
حاكم
بلدها
باعسار
غائب
فسخت
ولو
قبل
اعلامه
34. Jika isteri sudah mengajukan saksi-saksi
dimuka hakim tentang ketidakmampuan suaminya yang pergi, maka si isteri boleh
memfasakh nikahnya. (I’anatut Thalibin III : 485)
إذا أعسر
الزوج
مالا
وكسبا
لائقا
بأقل
نفقة
أو
كسوة
أو
معسر
واجب
قبل
وطء
ولم
تصبر
فلها
الفسخ
35. Apabila suami miskin uang/harta dan
pekerjaan yang layak untuk memberikan nafkah yang minim, pakaian dan maskawin
yang wajib sebelum wathi’ dan si isteri tidak sabar lagi, maka ia berhak
fasakh. (I’anatut Thalibin IV : 84)
فلها فسخ
نكاح
إذا
لم
تصبر
… الخ
36. Apabila si isteri tidak sabar lagi menanti
terhadap suaminya, maka bagi si isteri itu dibolehkan fasakh. (Al Bajuri II :
159)
ولو ثبت
اعسر
الغائب
عند
حاكم
بلدها
جاز
لها
الفسخ
37. Apabila telah nyata ketidakmampuan suami
yang gaib menurut hakim negeri daerahnya isteri tersebut, boleh bagi si isteri
itu menuntut fasakh nikahnya. (Al Anwar II : 229)
ولو غاب
الزوج
وجهل
يساره
واعساره
لانقطاع
خبره
ولم
يكن
له
مال
بمرحلتين
فلها
الفسخ
أيضا
بشرطه
38. Bilamana si suami pergi serta tidak
diketahui kemampuan atau kemiskinannya disebabkan karena putus hubungan dan tidak ada harta peninggalannya, maka
boleh bagi si isteri memfasakh nikahnya dengan syarat-syarat fasakh. Bughyatul
Musytarsyidin : 243)
يثبت للمرأة
فسخ
نكاحها
منه
بالجنون
39. Tetaplah bagi si isteri difasakhkan
nikahnya disebabkan suaminya telah gila. Iqna’ II : 133)
وإن اشتد
عدم
رغبة
الزوجة
لزوجها
طلق
عليه
القاضى
طلقة
40. Diwaktu isteri telah memuncak kebenciannya
terhadap suaminya, disitulah hakim diperkenankan menjatuhkan talaknya laki-laki
dengan talak satu.
قوله : لو
اعسر
الزوج
ولو
صغيرا
أو
مجنونا
الخ
41. Apabila keadaan suami tidak mampu, maka
boleh bagi isterinya merusak nikahnya. Yang dimaksud suami tidak mampu itu
meskipun si suami tersebut masih kecil atau sakit berubah ingatan. (Minhaj IV :
505)
ولا يمنع
اعساره
عقار
أو
عرض
لا
يتيسر
بيعهما
فى
مدة
قريبة
42. Peninggalan suami yang berupa pekarangan
atau barang-barang yang sukar dijual dalam waktu yang dekat tidak menghalangi
mu’sirnya suami yakni suami tetap dapat dianggap sebagai orang yang tidak
mampu. (Bujairimi Wahhab III : 116)
ولا اعتبار
بعرض
أو
عقار
لا
يتيسر
بيعه
كالمال
الغائب
فوق
مسافة
القصر
43. Tidak terhitung mempunyai harta benda atau
pekarangan yang tidak mudah dijualnya seperti keadaannya hartabenda yang gaib
lebih jauh dari perjalanan yang boleh meringkas sembahyang. (Syarwani VII :
327)
قوله ثبتت
اى
بالبينة
على
مشاهدتها
فى
غير
العنة
44. Kata Shahibus Syarikh, tatkala tetap
cacatnya, yakni ditetapkan dengan saksi atau orang yang melihat aib itu selain
impoten. (Iqna’ : III : 339)
وشرع اى
الفسخ
وقوله
دفعا
لضرر
المأة
اى
تضررها
بعدم
النفقة
أو
الكسوة
والمهر
45. Berlakunya fasakh itu untuk menjaga
penderitaan isteri akan nafkah atau kiswah atau mahar. (I’anatut Thalibin IV :
86)
وفى وقت
الفسخ
قولان
أحدهما
أن
الفسخ
فى
الحال
46. Tentang kapan fasakh itu dapat ditetapkan,
terdapat dua pendapat, salah satunya mengatakan bahwa fasakh itu dapat
ditetapkan pada waktu itu juga. (Muhadzab II : 175)
فلا فسخ
باعساره
الخ
….
47. Tidak boleh memfasakh nikah karena
ketidakmampuan suami memberikan nafkah atau seumpamanya, atau tidak mampu
melunasi maskawinnya, sebelum ditetapkan ketidakmampuan suami dengan
pengakuannya atau dengan saksi yang menyebutkan ketidakmampuan suami tersebut.
Dan tidak cukup saksi yang menyaksikan bahwa suami itu telah gaib dalam keadaan
tidak mampu. Saksi-saksi boleh berpegang kepada keadaan sebelm dia gaib.
(Tsyrihul Mustafidin : 320)
ولو امتنع
مع
القدرة
أو
غاب
مع
اليسار
أو
قدرت
على
ماله
فلا
خيار
ويبعث
القاضى
الى
حاكم
الغائب
ليطالبه
على
النفقة
إن
علم
موضعه
: إلى
أن
قال
أو
جهل
موضعه
أو
المدة
تصل
فى
البعث
ورأى
الفسخ
أصوب
فسخ
48. Dan kalau suami tidak memberikan nafkah
padahal mampu atau gaib dalam keadaan kaya, atau kuasa bagi isteri mengambil
hartanya, maka tidak ada pilihan bagi isteri. Dan hakim mengutus hakim negeri
tempat tinggalnya suami yang gaib itu untuk memintakan nafkah, jika diketahui
tempatnya, atau tidak diketahui tempat suami atau lama masanya dalam kirim
mengirim surat dan memandang lebih baik fasakh, maka hakim tersebut memfasakh
nikah itu. (Al Anwar II : 230)
وإنما تفسخ
بعجزه
عن
نفقة
المعسر
لأن
الضرر
يتحقق
حينئذ
49. Fasakh dapat dilakukan karena tidak mampu
memberi nafkah sebab hal itu menimbulkan bahaya pada waktu itu. (Qawaninus
Syar’iyah : 112)
وافتى به عن عجيل
وابن
كثير
وابن
صباغ
والرويانى
أنه
لو
تعذر
تحصيل
النفقة
من
الزوج
فى
ثلاثة
أيام
جاز
لها
الفسخ
حضر
الزوج
أم
غاب
وقواه
ابن
صلاح
50. Menurut fatwa Ajil ibn Katsir, Ibn Shabagh,
Ruyani dan dikuatkan oleh Ibn Shalah, mereka berpendapat bahwa : Apabila suami
tidak memberikan nafkah selama tiga hari, isteri boleh menuntut fasakh, baik
suami tersebut hadir atau gaib. (Bughyatul Musytarsyidin : 243)
,إن تزوج امرأة ووطئها
ثم
عنّ
منها
لم
تضرب
المدة
لأن
القدرة
يقين
فلا
تترك
بالإجتهاد
51. Apabila seseorang mengawini seorang wanita
yang telah disetubuhi kemudian suami mengalami impoten tanpa memperhitungkan
waktu karena kemampuannya yang tidak pasti itu, tidak bisa dihilangkan dengan
ijtihad. (Al Muhadzab II : 49)
أيما رجل
تزوج
امرأة
وبه
جنون
أو
ضرر
فإنها
تخير
فإن
شاءت
قرت
وإن
شاءت
فارقت
52. Bagi seorang isteri yang suaminya menderita
penyakit gila atau cacat, diberi hak memilih untuk tetap sebagai isterinya atau
berpisah. (Al Muwatho’ III : 145)
فإذا جن
احد
الزوجين
كان
للاخر
المق
فى
طلب
فسخ
النكاح
53. Apabila salah satu pihak dari suami isteri
berubah gila, maka pihak lain berhak mengajukan gugatan cerai (fasakh).
(Minhajut Thalibin : 138 jo Al Fiqh Ala Madzahib al Arba’ah IV : 193)
ولا فرق
أيضا
بين
أن
يكون
جنونا
مطيقا
أو
متقطعا
54. Dianggap sama keadaannya baik penyakit gila
itu tetap atau temporer. (Al Fiqh Ala Madzahib al Arba’ah IV : 193)
والمراد بالجنون
ما
يشمل
فقد
الشعور
القلب
55. Yang dimaksud dengan gila ialah hilangnya
perasaan atau pikiran. (Al Fiqh Ala Madzahib al Arba’ah IV : 193)
وإن أعسر
بنفقتها
فلها
فسخ
النكاح,
ويثبت
اعسار
الزوج
باقراره
أو
بينة
56. Dan jika suami tidak mampu memberi nafkah,
isteri berhak memfasakh nikahnya. Dan ditetapkan ketidakmampuan suami dengan
ikrarnya atau dengan bukti. (Al Bajuri II : 193-194)
الخامس كون
النفقة
مستقبلة
57. Syarat kelima nafkah telah ada untuk hari
yang akan datang. (Fathul Mu’in IV : 86)
الحديث الصحيح
: لا
يحل
لمسلم
أن
يهجر
أخاه
فوق
ثلاثة
أيام
58. Hadits Shahih : Tidak halal seorang muslim
memboikot (tidak menegur atau meninggalkan tempat tidur isteri) lebih dari tiga
hari. (Bughyatul Musytarsyidin : 375)
ومن عيوب
النكاح
: رتـق
وقرن
فيها
وجبّ
وعنّة
فيه,
فلمل
من
الزوجين
الخيار
فورا
فى
فسخ
النكاح
بما
وجدت
من
عيوب
المذكورة
فى
الآخر
بشرط
أن
يكون
بحصور
الحاكم
59. Dan sebagian dari aib nikah itu ialah :
tersumbatnya kelamin perempuan oleh daging atau tulang dan terpotong/lemahnya
kelamin laki-laki, maka bagi tiap-tiap suami/isteri berhak memilih segera
fasakh nikah mereka dengan sebab aib tersebut dengan syarat hadirnya hakim.
(I’anatut Thalibin II : 335-336)
يستحق الزوجة
المؤن
ويباح
لها
الفسخ
بالإعسار
إذا
لم
تخرج
عن
الطاعة
60. Pihak isteri berhak mendapat nafkah.
Apabila suami dalam kesukaran pihak isteri boleh menggugat fasakh selama dia
tetap taat pada suami. (Bughyatul Musytarsyidin : 239)
ولا يجوز
الفسخ
إلا
بشرط
ملازمتها
للمكن
وعدم
صدور
نشوز
منها
61. Tidak boleh fasakh kecuali apabila si
isteri tnggal di tempat dan tidak nusyuz. (I’anatut Thalibin IV : 94)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar