W A Q A F
مالك المنفعة
دون
الرقبة
كالمستأجر
والموصى
له
بالمنفعة
لا
يصح
وقفه
إياها
1. Orang yang memiliki manfaat harta itu
tidaklah disamakan dengan orang yang menguasai harta tersebut seperti orang
yang menyewa dan orang yang diwasiyatkan kepadanya memiliki harta itu, maka
tidak sah diwaqafkan kepadanya. (Qalyubi wa Umairah III : 94)
أما غير
الناظر
فلا
يصح
تولية
ولا
عزل
بل
هي
للحاكم
2. Selain nadzir tidak berhak mewakilkan
atau memecat, hak tersebut ada pada hakim. (Mughnil Muhtaj II : 394)
إن شرط
الواقف
النظر
لنفسه
أو
لغيره
أتـبع
3. Jika orang yang memberi waqaf
mensyaratkan hak pengawasan pada dirinya atas orang lain, hal itu harus
dipenuhi. (Mughnil Muhtaj II : 393)
ولو انقرض
اى
الموقوف
عليه
معين
(فى
منقطع
آخر)
فصرفه
الفقير
الأقرب
رحما
لا
إرثا
إلى
الواقف
4. Hasil sewa dari barang waqaf yang
tertentu diserahkan kepada kerabat yang fakir yang paling dekat secara
kekeluargaannya, bukan secara waris kepada pemberi waqaf. (I’anatut Thalibin
III : 196)
تقدم البنوة
الأقرب
فالأقرب
… إلى
قوله
: قال
ثم
ليعلم
السائل
أن
قولهم
يصرف
لإلى
أقرب
الناس
رحما
لا
إرثا
أنه
إذا
كان
الأقرب
وارثا
استحق
إذ
الإرث
غير
مانع
ولا
مرجح
5. Diutamakan anak yang lebih dekat …..
bahwa pendirian yang mengatakan : “Diserahkan kepada keluarga yang terdekat
secara kekeluargaan bukan secara waris, itu artinya : bila orang yang terdekat
ternyata sebagai ahli waris, dia tetap berhak sebab kewarisannya tidak menjadi
penghalang atau penguat haknya itu. (Bughyatul Musytarsyidin : 196)
لا يباع
أصلها
… إلى
قوله
: بيع
الوقف
اى
استبداله
6. Tidak diperbolehkan menjual pokok dari
waqaf ….. menjual waqaf berarti juga menukarnya. (I;anatut Thalibin III : 158)
ولو انقرض
الموقمف
عليهم
فى
منقطع
آخر
فمصرفه
أقرب
الناس
إلى
الواقف
حين
الإنقراض
والمعتبر
القرب
رحما
لا
إرثا
7. Pengurusan waqaf yang disewakan
diserahkan kep[ada orang yang terdekat terhadap pemberi waqaf pada waktu
terjadinya perjanjian sewa tersebut. Perhitungan dekat adalah secara
kekeluargaan bukan secara waris. (Syarqawi I : 174)
ولو شرط
اى
الوقف
شيئا
… إلى
قوله
: أتبع
8. Apabila waqaf tersebut bersyarat, maka
syarat tersebut harus dipenuhi. (I’anatut Thalibin III : 169)
ومهما شهد
الشهود
بما
سمعوا
ثبت
الوقف
9. Apabila beberapa saksi memberi kesaksian
berdasarkan apa yang mereka dengar, maka ditetapkan waqaf itu berdasarkan
kesaksian tersebut. (Al Anwar I : 438)
وإن كان
الوقف
على
شخص
أو
جماعة
معيـنين
فيشترط
القبول
متصلا
بالإيجاب
10. Apabila waqf ditujukan kepada seseorang
atau sekelompok manusia tertentu harus ada pernyataan qabul yang berhubungan
dengan pernyataan penyerahan/ijab. (Al Anwar I : 431)
وقف على
معين
اشترط
قبوله
على
ما
في
الروضة
لكن
الراجح
ما
فى
المنهاج
من
عدم
الإشتراط
11. Mewaqafdkan sesuatu kepada seorang tertentu
: 1) Menurut kitab Raudlah harus ada pernyataan qabul, 2) Menurut kitab Minhaj
tidak ada keharusan pernyataan qabul.
فلا يأخذ
بطن
وهناك
بطن
أقرب
منه
آخر
كما
صرح
به
البغوى
وغيره
12. Tidak diperbolehkan menunjuk seseorang
padahal ada orang lain yang lebih dekat. (Mughnil Muhtaj III : 387)
ومن حيل
صحة
الوقف
على
نفسه
أن
يقفعلى
أولاد
أبيه
زيذكر
صفات
نفسه
فيصح
كما
قال
جمع
متأخرون
13. Barangsiapa hendak menghilah sahnya waqaf
pada dirinya, ia dapat mewaqafkan pada putera ayahnya dengan menyebut sifat
dirinya sendiri. (At Tuhfah VI : 245)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar