M U T ‘ A H
فمـتعوهـنّ وسـرحـوهـنّ
سـراحـا
جميــلا
1. Senangkanlah oleh hati mereka dengan
pemberian dan lepaslah mereka secara baik. (Q.S. Al Ahzab : 49)
تجـب عليــه
لزوجـة
موطوءة
المتــعـة
2. Wajib memberi mut’ah kepada isteri yang
dicerai. (Tasyrihul Mustafidin : 25)
وتجـب المتــعة
لمـوطـوءة
طلـقـت
بـائنـا
أو
رجـعية
3. Bagi isteri yang diceraikan dan telah
disetubuhi, baik talak bain maupun raj’i harus diberi mut’ah. (Bughyatul
Musytarsyidin : 214)
وأمّـا الأدوية
واجـرة
الطبيـب
والحجـام
فلا
تجـب
عليــه
لأنّـه
ليــس
من
النـفـقة
4. Adapun obat-obatan serta biaya dokter dan
bebasa tidak wajib diberikan oleh suami karena tidak termasuk nafkah. (Al
Muhadzab III : 173)
تجـب عليــه
لزوجـة
موطوءة
ولو
أمـة
متـعة
بفـراق
بغيــر
سبـب
5. Wajib atas si laki-laki (penzina)
memberikan mut’ah kepada wanita yang telah disetubuhi walaupun perempuan itu
budak, karena ditalak dengan tidak ada
sebab dari perempuan tersebut. (I’anatut Thalibin III : 356)
H A D L O N A H
أنّ رسـول
الله
صلى
الله
عليه
وسلّم
أتتـه
إمراءة وقـالت : يـا
رسـول
الله
إنّ
ابنى
هـذا
كان
بطـنى
لـه
وعـاء
ولثديي
لـه
سـقـاء
وحجـرى
لـه
خواء
وإن
أبـاه
طلقنى
وأراد
أن
ينزعه
منّى
. فقـال
لهـا
رسـول
الله
ص
: أنتِ
أحـقّ
به
مـالم
تنـكحى
1. Bahwasannya Rasulullah saw telah
didatangi oleh seorang wanita dan berkata (wanita) : “Ya Rasulullah
sesungguhnya anak saya ini perut sayalah yang mengandungnya dan air susu
sayalah yang diminumnya serta pangkuan sayalah tempat penjagaannya, sedang
ayahnya telah menceraikan saya dan ia bermaksud untk memisahkan anakku dari padaku”,
Maka sabda Rasulullah saw padanya : “Engkau lebih berhak terhadap anakmu selama
engkau belum kawin. (Kifayatul Akhyar II : 93)
وإذا فـارق
الرجـل
زوجـته
ولـه
منــهـا
ولد
فهـي
أحـقّ
بحـضـانتـه
2. Dan bila suami menceraikan isterinya
dan mereka ada mempunyai anak maka isterilah yang berhak memelihara anak
tersebut. (Al Bajuri II : 195)
والأولى بالحـضـانة
وهـي
تربيـة
من
لا
يستقل
إلى
التمـيز
أم
تتزوّج
بآخـر
والممـيّز
أن
افتـرق
أبـواه
من
النـكاح
كان
عنـد
اخـتيـار
منـهمـا
3. Yang diutamakan mengurus anak yang
belum mumayyiza ialah ibunya yang janda dan kalau sudah mumayyiz dan ibu
bapaknya telah bercerai, maka dia boleh tinggal dipihak mana yang ia sukai.
(I’anatut Thalibin IV : 101-102)
إتّـفق الأئمـة
على
أنّ
الحضـانة
ثبـتت
للأم
مـالم
تتـزوّج
4. Para ulama sepakat bahwa hadlonah ada
dipihak ibu selama dia belum kawin lagi. (Mizanus Sya’roni II : 140)
فإذا رجـعت
عـاد
حـقّهـا
5. Apabila dia ruju’, kembalilah haknya
(kepada anak itu). (At Tuhfah VII : 359)
وشـرائط الحـضـانة
سبـع
: العـقــل
والحـريّة
والدّين
والعـفة
والأمانـة
والأقـامة
فى
بلـد
الممـيّز
والخـلوّ
من
زوج
. فـإن
اخـتـلّ
شـرط
منـهـا
أي
الـسبــعة
فى
الأم
سـقـطت
حضـانـتهـا
6. Syarat-syarat bagi orang yang akan
melaksanakan tugas hadlonah ada tujuh macam : berakal sehat, merdeka, beragama
Islam, sederhana, amanah, tinggal di daerah tertentu dan tidak bersuami baru.
Apabila kurang satu diantara syarat-syarat tersebut gugur hak hadlonah dari
tangan ibu. (Kifayatul Akhyar II : 94)
ولـو أراد
أحـد
الأبـوين
سفـر
نـقـلة
فالأب
أولى
من
الأمّ
بحـضـانـته
فيـنـزعه
منـهـا
7. Apabila salah seorang dari orang tuanya
pindah tempat, maka ayah lebih berhak untuk memelihara anaknya. (Qawaninus
Syar’iyah : 104)
وإلا شرك
عند
من
كان
عنده
قبل
التمييز
8.
Kalau tidak, maka dia ditetapkan kepada siapa yang telah memeliharanya
sebelum anak tersebut mumayyiz. (Al Muhadzab III : 31)
وليس لأحدهما
فطمه
قبل
الحولين
9. Tidak dierbolehkan memisah anak sebelum
umur dua tahun. (I’anatut Thalibin II : 104)
فإذا فارق
الرجل
زوجته
بطلاق
أو
فسخ
أو
لعان
وله
منها
ولد
لا
يميز
ذكرا
كان
أو
أنثى
أو
حنثى
فهي
أحق
بحضانته
10. Apabila seorang suami berpisah dengan
isterinya karena talak baik fasakh maupun li’an, sedangkan ia mempunyai anak
laki-laki maupunperempuan atauwadam, maka pihak isteri lebih berhak
mengasuhnya. (Bujairimi Iqna’ III : 84)
أو أراد
أحـد
الأبـوين
سفـر
نـقـلة
فالأب
أولى
من
الأمّ
بالحـضـانـة
11. Apabila salah seorang dari mereka akan
pindah, maka pihak ayah lebih berhak mengasuh anaknya daripada ibunya. (Mughnil
Muhtaj III : 459)
… فنـفقـته على الأب – أي
ولو
كان
بالغـاء
إستصـحـابـالمـا
كان
فى
صغـيره
ولعمـوم
خـير
هـنـدن
السـابق
12. Yang wajib memberi nafkah itu ialah
ayahnya, maksudnya walaupun anak itu telah baligh karena istshab kepada
keadaannya waktu amsih kecil dan kepada hadits yang ditujukan kepada isteri Abu
Sufyan (Hindun). (I’anatut Thalibin IV : 99)
إنّ على
الأب
أن
يقـوم
بـالتى
فىصـلاح
صـغـار
ولـد
من
رضـاع
ونـفـقـة
وكـسـوة
وخـادمـة
13. Diwajibkan atas ayah menjamin kemaslahatan
anaknya yang masih kecil baik dari segi penyusuannya, nafkahnya, pakaiannya
sertaperawatannya. (Al Umm : 78)
الـعـفّـة والأمـانـة
, فـلاحضــانـة
لهـا
14. Mempunyai sifat iffah dan amanah yakni
mencegah diri dari hal-hal yang tidak halal dan tidak disukai, jadi tidak
berhak memelihara bagi perempuan yang fasik, dan sebagian kefasikan ialah
meninggalkan sembahyang. (AL Bajuri II : 198)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar