Hukumnya sah jika bacaan imam hanya mengulang-ulang huruf
atau makhraj-nya huruf serupa dengan huruf lain (kurang fasih). Namun apabila
kesalahannya fatal sampai merubah huruf atau makna maka bermakmum kepadanya
tidak sah.
Praktek di atas jika sang imam telah belajar ilmu Tajwîd
(tidak ceroboh). Referensi yang digunakan dalam permasalahan ini adalah:
الفتاوى الفقهية الكبرى الجزء 1 صحـ :
143 مكتبة الإسلامية
( وَسُئِلَ ) نَفَعَ اللَّهُ بِهِ عَمَّنْ
تَعَلَّمَ الْفَاتِحَةَ وَفِي حَرْفٍ مِنْهَا خَلَلٌ لِثِقَلٍ فِي اللِّسَانِ هَلْ
تُجْزِيْهِ صَلاَتُهُ أَوْ لاَ وَهَلْ يَجِبُ التَّعَلُّمُ فِي جَمِيعِ عُمْرِهِ أَوْ
لاَ وَهَلْ تَصِحُّ الْجُمُعَةُ إذَا لَمْ يَكْمُلِ الْعَدَدُ إلاَ بِهِ مَثَلاً أَوْ
لاَ ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ إنْ كَانَ ذَلِكَ الْخَلَلُ نَحْوَ فَأْفَأَةٍ بِأَنْ
صَارَ يُكَرِّرُ الْحَرْفَ صَحَّتْ صَلاَتُهُ وَالْقُدْوَةُ بِهِ لَكِنَّهَا مَكْرُوهَةٌ
وَتَكْمُلُ الْجُمُعَةُ بِهِ وَلاَ يَلْزَمُهُ التَّعَلُّمُ وَإِنْ كَانَ لُثْغَةً
فَإِنْ كَانَتْ يَسِيرَةً بِحَيْثُ يَخْرُجُ الْحَرْفُ صَافِيًا وَإِنَّمَا فِيهِ شَوْبُ
اشْتِبَاهٍ بِغَيْرِهِ فَهَذَا أَيْضًا تَصِحُّ صَلاَتُهُ وَإِمَامَتُهُ وَتَكْمُلُ
الْجُمُعَةُ بِهِ وَلاَ يَلْزَمُهُ التَّعَلُّمُ وَإِنْ كَانَ لُثْغَةً حَقِيقِيَّةً
بِأَنْ كَانَ يُبْدِلُ الْحَرْفَ بِغَيْرِهِ فَتَصِحُّ صَلاَتُهُ لاَ الْقُدْوَةُ بِهِ
إلاَ لِمَنْ هُوَ مِثْلُهُ بِأَنِ اتَّفَقَا فِي الْحَرْفِ الْمُبْدَلِ وَإِنْ اخْتَلَفَا
فِي الْبَدَلِ فَلَوْ كَانَ كُلٌّ مِنْهُمَا يُبْدِلُ الرَّاءَ لَكِنَّ أَحَدَهُمَا
يُبْدِلُهَا لاَمًا وَاْلآخَرُ عَيْنًا صَحَّ اقْتِدَاءُ أَحَدِهِمَا بِاْلآخَرِ وَإِنْ
كَانَ أَحَدُهُمَا يُبْدِلُ الرَّاءَ وَاْلآخَرُ يُبْدِلُ السِّينَ لَمْ يَصِحَّ اقْتِدَاءُ
أَحَدِهِمَا بِاْلآخَرِ هَذَا فِي غَيْرِ الْجُمُعَةِ - إلى أن قال - عِبَارَةُ الشَّرْحِ
الْمَذْكُوْرِ وَمَنْ كَانَ بِلِسَانِهِ خَلَلٌ فِي الْفَاتِحَةِ مَثَلاً فَمَتَى رَجَى
زَوَالَهُ عَادَةً لِتَعَلُّمٍ لَزِمَهُ وَإِنْ طَالَ الزَّمَنُ وَمَتَى لَمْ يَرْجُهُ
كَذَلِكَ لَمْ يَلْزَمْهُ اهـ
Jika makmumnya lebih fasih dari pada imamnya maka tidak sah
makmum pada imam yang tidak fasih. Demikianlah Ta`bir yang terdapat dalam
bughyah.
(مسألة: ش): لا يصح اقتداء من يقرأ الفاتحة،
وإن أخلّ ببعض حروفها، كأن يبدل السين تاء بمن لا يعرف الفاتحة أصلاً، بل يأتي ببدلها
من قرآن أو ذكر ويجوز عكسه اهـ.
[فائدة]: لا يصح اقتداء قارىء بأمي، وهو
من يخلّ بحرف من الفاتحة فخرج التشهد، فيصح اقتداء القارىء فيه بالأمي، وإن لم يحسنه
من أصله، كما في النهاية والشوبري اهـ بجيرمي، ومثل التشهد التكبير والسلام إذ لا إعجاز
في ذلك، لكن محله إن أتى ببدله من ذكر أو دعاء، فإن أخلّ بحرف من أحد الثلاثة فحكمه
حكم الأمي اهـ باسودان
WAJIB MUFARAQAH, seperti misalnya TERJADI SESUATU YG
MEMBATALKAN SHOLAT IMAM, maka wajib ber-mufaraqah SEKETIKA, jika tidak maka
BATAL Sholatnya, meski (sudah) tdk mengikuti Imam tersebut, hal ini disepakati
oleh para 'ulama seperti yang ada di kitab Majmu'.
Dan TIDAK SAH seorang Qori' bermakmum pada seorang yang Umi,
yaitu orang yang merusak bacaan fatihahnya, atau SEBAGIAN dari fatihah itu,
meski hanya satu huruf, baik karena tidak bisa membaca secara keseluruhannya
atau tidak sesuai makhrojnya, atau tasydidnya, sekalipun hal itu dikarenakan ia
sudah tdk mgk utk belajar, dan makmum tdk mengerti akan keadaannya.
SAH bermakmum kepada Imam yang disangka Ummi, kecuali jika
ketika sholat jahriyah Imam tersebut gak mengeraskan Bacaannya, untuk itu wajib
MUFAROQOH, jika ia meneruskan sholatnya bersama Imam tersebut dalam keadaan
tidak tahu sampai Salam, maka ia wajib mengulang solatnya, jika sampai salam
tidak jelas apakah dia Qori'.
Bila makmum mengetahuinya setelah rampung shalat maka wajib
mengulang shalatnya kalau mengetahuinya ditengah-tengah shalat maka ia wajib
memutus shalatnya dan memulai lagi.
( ولو اقتدى بمن ظنه أهلا ) للإمامة ( فبان
خلافه ) كأن ظنه قارئا أو غير مأموم أو رجلا أو عاقلا فبان أميا أو مأموما أو امرأة
أو مجنونا أعاد الصلاة وجوبا لتقصيره بترك البحث في ذلك
( قوله أعاد ) أي المقتدي وهو جواب لو ومحل
الإعادة إن بان بعد الفراغ من الصلاة فإن بان في أثنائها وجب استئنافها
Bila ia (seorang laki-laki) bermakmum pada imam yang menurut
prasangkanya ahli/mahir untuk menjadi imam tetapi kenyataannya berbeda seperti
ia menyangka imamnya Qaari’ (ahli baca alQuran) atau bukan berstatus makmum
atau laki-laki, atau berakal tapi kenyataannya imamnya UMMI (tidak fashih baca
alquran) atau berstatus makmum pada orang lain atau perempuan atau gila maka ia
wajib mengulang shalatnya karena sembrononya dalam rangka tidak mau meneliti
imamnya terlebih dahulu sebelum shalat.(keterangan maka ia wajib mengulang)
bila kejelasan kenyataan imamnya setelah ia rampung shalat tapi bila kejelasannya
ditengah-tengah shalat maka ia wajib memutuskan shalatnya dan memulainya dari
awal lagi (I’aanah at-Thoolibiin II/52).
Wallaahu A'lamu Bis
Showaab.
Assalamualaikum.
BalasHapusBagaimana kesalahan imam itu bacaan pendek dibaca panjang ('alaihim dibaca 'alaihiiim) dan tasdid pada iyyaaka'budu tidak jelas.