dlm keumuman masyarakat
indonesia pengertian wakaf adalah : "habsu maaliyyumkinul intifaa'u bihi
ma'a baqoo-i ainihi biqoth'ittashorrufi fii roqobatihi 'ala mashrofin mubahin
maujudin"
Yakni menahan harta yang dapat dimanfaatkan tanpa lenyap bendanya, dg cara tdk melakukan tindakan hukum terhadap benda tsbt, disalurkan kpd sesuatu yang mubah (tdk haram) yang ada.
Berikut pendapat al ramli dalam nihayah al muhtaj ila syarh al minhaj.
Pertanyaannya : sah kah mewakafkan "uang" ? Sebab uang adalah suatu benda yg fleksibel tdk sama seperti benda2 lain yg memiliki daya tahan yg tdk hanya sekali pakai...?
Mohon jawabnya..
Yakni menahan harta yang dapat dimanfaatkan tanpa lenyap bendanya, dg cara tdk melakukan tindakan hukum terhadap benda tsbt, disalurkan kpd sesuatu yang mubah (tdk haram) yang ada.
Berikut pendapat al ramli dalam nihayah al muhtaj ila syarh al minhaj.
Pertanyaannya : sah kah mewakafkan "uang" ? Sebab uang adalah suatu benda yg fleksibel tdk sama seperti benda2 lain yg memiliki daya tahan yg tdk hanya sekali pakai...?
Mohon jawabnya..
Jawab :
Pengeretian wakaf dalam madzhab
Syafi'i adalah menahan harta yang dapat diambil manfaatnya tapi bendanya tetap dengan
cara memanfaatkannya untuk kebaikan dengan niat ibadah pada Allah. ( ta'qarrub
Illauhi )
Kata Imam Nawawi dalam
Ktb. Tahdzibul Asma wal Lughat 4/194 sbb:
ﺣﺒﺲ ﻣﺎﻝ ﻳﻤﻜﻦ
ﺍﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ ﻣﻊ ﺑﻘﺎﺀ ﻋﻴﻨﻪ ﺑﻘﻄﻊ ﺍﻟﺘﺼﺮﻑ ﻓﻲ ﺭﻗﺒﺘﻪ ﻭﺗﺼﺮﻑ ﻣﻨﺎﻓﻌﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺒﺮ ﺗﻘﺮﺑﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ
ﺗﻌﺎﻟﻰ
Mauquf (barang yg
waqofkan) jumhur ulama syafiiyah WALA TUSHOH MUWAQOFUN FI MALLI DIRHAMU.
= tdk shah mewaqafkan
harta benda berupa uang =, kecuali mahzb Hanafiyyah yg mebolehkan.
Karena Uang fluktuatif
masanya, bila masa reses nominalnya dapat anjlok,berubah.. Shg. Mauquf Alaih
berupa Uang tsb tdk memenuhi syarat, tp ia boleh dimasukkan sbg. Shodaqoh
sunnah yg boleh dibeli kan brg2 perlengkapan ibdah dan mjadi milik masjid.
Ktb. Kifayatul Akhyar
I/319 Imam Taqiyyudin bi mattan Abi Sujja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar