Rabu, 17 April 2013

MENGUSAP WAJAH DENGAN DUA TELAPAK TANGAN KETIKA WUDHU



sering liat org wudhu', ketika membasuh wajah/muka ada yang dg dua telapak tangan, ada juga dg satu telapak tangan (kanan) saja,
yang menggunakan satu telapak tangan kanan saja mengatakan bahwa, jika mengusap wajah menggunakan tangan kiri juga akan mengakibatkan hitamnya wajah kita diakhirat, sebab tangan kiri kotor bekas istinja,
benarkah demikian..?

JAWAB :

dikutib dari satu hadits shohih bukhori beserta syarohnya dalam kitab fathul bari juga syarah muslim :

Al-Imam al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya membawakan bab “Mencuci wajah dengan dua tangan dari satu cidukan”, dengan hadits:

ثُمَّ أَخَذَ غُرْفَةً مِنْ مَاءٍ فَجَعَلَ بِهَا هَكَذَا أَضَافَهَا إِلىَ يَدِهِ الْأُخْرَى فَغَسَلَ بِهَا وَجْهَهُ

Kemudian Ibnu ‘Abbas (yang mencontohkan wudhu Nabi saw) mengambil satu cidukan air, lalu menggabungkan satu tangannya dengan tangannya yang lain, dan mengusap wajahnya.” (Sahih, HR. al-Bukhari no. 140)

Al-Hafizh Ibnu Hajar asqolani berkata, “Dalam hadits ini terdapat dalil mencuci wajah dengan menggunakan dua tangan secara bersama-sama walau dengan satu cidukan. Karena satu tangan terkadang tidak menyempurnakan pencucian wajah.” (Fathul Bari, 1/04)

Al-Imam an-Nawawi berkata, “Disenangi untuk mengambil air dengan kedua telapak tangan ketika hendak mencuci wajah, karena hal tersebut lebih mudah dan lebih dekat untuk membaguskan wudhu.” (Syarah Shahih Muslim, 3/122)

demikian penjelasan dari dua kitab besar yg ditulis oleh dua imam besar dalam mazhab syafi'i.
maka jikalah benar berwudhu dg mengikut sertakan tangan kiri mengakibatkan hitamnya wajah di akhirat kelak, manalah mungkin imam-imam itu mengatakan bahwa berwudhu menggunakan dua telapak tangan lebih afdhol..

WALLAHU A’LAM

2 komentar:

  1. makasih ilmunya, semoga berkah

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas pencerahannya, uztadz..karena saya wudhu dengan menggunakan tangan kanan saat membasuh muka rasanya sulit meratakan air dan terlalu lama.

    BalasHapus